Jumat, 04 Desember 2020 | 20:24:59 WIB

Berantas Korups, LI-TPK Siap Dukung Kinerja Penegak Hukum

Kamis, 18 Juni 2020 | 15:02 WIB
Berantas Korups, LI-TPK Siap Dukung Kinerja Penegak Hukum

(Foto: Ahmad D/Lindo)

JAKARTA, LINDO – Ketua Umum Lembaga Investigasi Tindak Pidana Korupsi (LI-TPK) Aparatur Negara RI, Bambang S, SH, mengatakan jajarannya siap medukung pemerintah dalam pemberantasan tindak pidana korupsi diseluruh Indonesia.

"Kami atas nama LI-TPK beserta jajarannya baik pusat maupun daerah sangat medukung pemerintah dalam hal pemberantasan tindak pidana korupsi diseluruh Indonesia," kata Bambang ketika dikonfirmasi soal lembaga yang dipimpinnya dalam tindak pidana korupsi, di Jakarta, Kamis (18/06/2020).

Bambang menegaskan walaupun pemberantasan tindak pidana korupsi saat ini sudah berjalan dengan baik namun hingga saat ini kasus korupsi di Indonesia masih sangat tinggi.

"Kami sebagai lembaga LI-TPK yang notabene khusus menyoroti korupsi mengajak warga masyarakat untuk berperan aktif membantu aparat penegak hukum dalam pemberantasan korupsi. Dengan peran serta masyarakat diharapkan kasus korupsi yang terjadi di Indonesia dapat diberantas, sehingga kerugian negara dapat diminimalisir," tandasnya.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Pasal 41 ayat (5) dan Pasal 42 ayat (5) menegaskan bahwa tata cara pelaksanaan peran serta masyarakat dan pemberian penghargaan dalam pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi perlu diatur dengan Peraturan Pemerintah.

"Peran serta masyarakat tersebut dimaksudkan untuk mewujudkan hak dan tanggungjawab masyarakat dalam penyelenggaraan negara yang bersih dari tindak pidana korupsi," ungkap Bambang.

Disamping itu, kata dia, dengan peran serta tersebut masyarakat akan lebih bergairah untuk melaksanakan kontrol sosial terhadap tindak pidana korupsi.

"Maka dengan peran serta masyarakat dalam upaya pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi diwujudkan dalam bentuk antara lain mencari, memperoleh, memberikan data atau informasi tentang terjadinya tindak pidana korupsi dan hak menyampaikan saran dan pendapat secara bertanggungjawab terhadap pencegahan dan pemberantasan korupsi," ujarnya.

Bambang juga menambahkan bahwa para ketua DPD maupun kabupaten/kota yang sudah terbentuk agar segera membentuk tim investigasi bekerjasama dengan aparat penegak hukum melakukan pengawasan terhadap penggunaan anggaran dana daerah.

"Terlebih lagi penggunaan anggaran Dana Desa (DD) dari pusat yang di kelola oleh Kepala Desa, agar Lembaga LI-TPK Lembaga Investigasi Tindak Pidana Korupsi yang didirikan sejak tahun 2008 itu, agar mengajak masyarakat dan aparat penegak hukum untuk melakukan pengawasan disetiap daerah agar tidak terjadi penyalahgunaan dan harus tepat sasaran penggunaannya," ungkap Bambang.

Bambang meminta aparat penagak hukum untuk ikut memantau secara ketat, bila ada yang melakukan penyelewengan penggunaan dana desa baik fisik maupun pertanggungjawaban berusaha melakukan mark up, agar segera ditangkap.

"Lembaga kami sudah melakukan pemantauan di beberapa instansi di Dinas Pendidikan, Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR-BPN, dan intansi lain dalam melaksanakan tugas mereka. Anggota kami juga dibekali kartu tanda anggota yang semua untuk masyarakat Indonesia dan negara agar tidak terjadi kebocoran anggaran negara dan apa bila ada temuan dan dugaan terjadi tindak pidana korupsi maka yang dilakukan aparat pemerintah dari mulai kepala desa hingga pejabat tinggi dipemerintahan baik itu gubernur, bupati, waliota dan perangkatnya sampai kekepala desa, kami minta masyarakat untuk tidak sungkan melaporkan kepada kami dan tentu akan kami tindak lanjuti kepihak penagak hukum untuk diperiksa," ujarnya.

Soal kewenangan korupsi, Bambang mengakui bahwa masyarakat juga berhak melakukan kontrol sosial terhadap pembangunan pemerintahan yang menggunakan keuangan negara.

"Selama pembangunan itu berjalan dan menggunakan uang negara maka kewajiban masyarakat berhak melakukan kontrol terhadap uang itu," paparnya.

(Bams/A Dailangi)

Berita Terkait