Senin, 03 Agustus 2020 | 22:28:51 WIB

Asintel Danlantamal X Jayapura Hadiri Rakor Pilkada Serentak Di Papua

Jum'at, 10 Juli 2020 | 21:59 WIB
Asintel Danlantamal X Jayapura Hadiri Rakor Pilkada Serentak Di Papua

(FOTO : DISPENLANTAMALX/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Asintel Danlantamal X Jayapura Kolonel Marinir Marthen L. Ginting, menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak di Provinsi Papua tahun 2020 yang dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Jenderal Polisi (Purn) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D., dan dihadiri sejumlah pejabat pemerintahan daerah Papua, pimpinan TNI-Polri serta penyelenggara pemilu Provinsi Papua, di Ballroom Cenderawasih Swiss Bell Hotel, Kota Jayapura, Papua, Jumat (10/7/20).

Pilkada Serentak di Provinsi Papua tahun 2020 akan dilaksanakan di 11 (sebelas) Kabupaten, yaitu Kabupaten Keerom, Kabupaten Supiori, Kabupaten Waropen, Kabupaten, Mamberamo Raya, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Yalimo, Kabupaten Merauke, Kabupaten Boven Digul, Kabupaten Asmat dan Kabupaten Nabire.

Dalam pengarahannya, Mendagri mengatakan, pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi Covid-19 menjadi pembahasan di tingkat pusat maupun daerah, pelaksanaan Pilkada didasarkan pada PKPU No. 2 Tahun 2020 yang terdiri dari 15 tahapan dan telah dilaksanakan 5 tahapan.

Menurutnya, menjelang tahapan ke 6, pandemi Covid-19 menjadi penghalang sehingga terpaksa ada penundaan yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI yang seharusnya September 2020 menjadi Desember 2020. Keputusan penundaan tersebut didasarkan pada skenario berakhirnya Covid-19, yaitu ditemukannya vaksin, ditemukannya obat, dan herd immunity.

"Pilkada serentak harus melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat, tidak boleh ada kerumunan massa yang besar dalam tahapan kampanye, tidak boleh ada konvoi atau iring-iringan agar tidak terjadi penularan virus. Di TPS juga harus disediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer serta menjaga jarak pemilih," ujar Mendagri.

Hadir dalam rapat tersebut, diantaranya Wakil Gubernur Papua, Kapolda Papua, Danlanud Silas Papare, Kasdam XVII/Cenderawasih, Ahli Bid. Ideologi dan Politik BIN, Kabinda Papua, Asintel Danlantamal X, Ketua Pengadilan Tinggi Provinsi Papua, Ketua DPRD, Papua Ketua MPR , Ketua Bawaslu Provinsi Papua, Ketua KPU Provinsi Papua dan Walikota Jayapura. (ARMAN R)

Berita Terkait