Senin, 25 Januari 2021 | 14:10:17 WIB

Siswa SMK KAL-1 Ikuti MPLS Daring

Rabu, 15 Juli 2020 | 09:20 WIB
Siswa SMK KAL-1 Ikuti MPLS Daring

(FOTO : YHT/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Hari ke-2, pada Selasa (14/7/20) Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut (SMK KAL-1, dilaksanakan secara daring diikuti oleh 221 siswa peserta didik baru,  terdiri dari Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Jurusan Teknik Pemesinan (TPM), Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) dan Jurusan Teknik Audio Video (TAV).

SMK KAL-1 berdomisili di komplek Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut  (Kodiklatal) serta dibawah naungan Yayasan Hang Tuah (YHT) Cabang Surabaya, melaksanakan MPLS Daring pada Senin - Rabu (13-15 Juli 2020), yang pembukaannya oleh Kepala  SMK KAL-1 Letkol Laut (KH) Drs. Ambar Kristiyanto, M.Si, setelah pembukaan disampaikan gagasan baru visi dan misi sekolah  yang menjadi unggulan sekolah.

Visi-misi sekolah sebagaimana disampaikan oleh Kepsek adalah mewujudkan generasi berakhlak mulia yang memiliki kompetensi responsif dan adaptif  terhadap perkembangan  dan kemajuan teknologi pada zamannya.

Menurutnya, untuk menuju SMK unggulan, khususnya bagi SMK KAL-1 melengkapi diri dengan tiga opsi, antara lain, pertama jenjang menuju dunia usaha/bekerja sesuai kompetensinya setelah lulus dari sekolah.

Opsi kedua,  jenjang meniti karier persiapan masuk calon TNI - Polri dan opsi ketiga jenjang yang akan melanjutkan kuliah setelah lulus.

Manajemen sekolah akan memberikan materi pengetahuan yang diperlukan dalam menempuh ke tiga opsi tersebut. Seluruh perserta didik baru wajib menentukan satu pilihan dari ke tiga opsi tersebut, sehingga mulai  kelas X peserta didik baru tersebut sudah di arahkan sesuai pilihannya.  

Peserta didik baru, disamping akan mendapatkan bekal pengetahuan  sesuai kompetensinya, mereka juga akan mendapatkan tambahan pelajaran khusus  mencakup tiga opsi pilihan tersebut. 

Materi yang disampaikan melalui daring selam tiga hari meliputi Tata tertib Sekolah, Pengenalan Jurusan, Sosialisasi Kurikulum K-13 dan Kurikulum Industri, Keagamaan,  Wawasan Kebangsaan,  Pengenalan berbagai Ekstrakurikuler sekolah. Kesemua materi tersebut disampaikan oleh para Wakil Kepala (Waka) Sekolah Kurikulum Munawar, S.Pd, Waka Kesiswaan Drs. Parman, M.Si, Waka Sarpras Drs. Sukarno, MMT, Waka Humas Agus Kristanto, ST serta para wali kelas X yang akan menjadi ujung terdepan dalam mensukseskan peserta  didiknya menuju cita-cita yang menjadi tujuan kenapa sekolah di SMK KAL-1.

Dari beberapa siswa yang telah memilih salah satu dari tiga opsi yang telah menjadi plihan orang tua bersama putra-putrinya sebagaimana komitmen sekolah dengan orang tua yang sudah ditandatangani  antara Kepala Sekolah dengan orang tua, satu hari sebelum MPLS berlangsung. Mereka rata-rata memilh ke dunia usaha, ada beberapa yang memilih untuk melanjutkan kuliah,  namun tidak sedikit juga  yang memilih ke jenjang menuju TNI - Polri.

Peserta didik baru yang menginginkan  ke jenjang menuju TNI – Polri, ada yang memiliki postur tubuh yang  sangat gemuk/tinggi besar dan ada pula yang berpostur kecil dan kerempeng, tentu saja ini merupakan tantangan bagi menejemen sekolah untuk memolesnya sehingga nantinya dapat membentuk sesuai dengan persyaratan  poster  tubuh untuk menjadi TNI - Polri. (ARMAN R)

Berita Terkait