Rabu, 05 Agustus 2020 | 03:04:05 WIB

Warga Desa Capalulu Minta Pemkab Kepsul Normalisasi Sungai Waisoha Sebelum Banjir.

Kamis, 16 Juli 2020 | 14:47 WIB
Warga Desa Capalulu Minta Pemkab Kepsul Normalisasi Sungai Waisoha Sebelum Banjir.

Foto : kondisi Sungai Waisahoa saat penghujan.

LINDO Sula-Curah hujan yang makin tinggi akhir-akhir ini membuat Warga Desa Capalulu meminta pemerintah daerah kabupaten kepulauan Sula untuk segera antisipasi luapan air sungai waisoha yang tepat berada dibelakang desa Capalulu, Kecamatan Mangoli Tengah, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) 
dengan normalisasi sebelum bajir, Kamis (16/07/20)

Kepada LiputanIndonesinews, 
Rais Umaternate menyampaikan bahwa Normalisasi sungai Waisoha sebelum datang nya banjir hal ini perlu dilakukan karena luapan air sunggai waisoha sangat parah dan mengancam desa Capalulu bisa putus jadi dua. Sebab, jika terjadi banjir, luapan air keluar tepat ditengah perkampungan. 

"Saya selaku warga Desa Capalulu yang tahu betul kondisi air waisoha bila meluap akan lebih parah dari desa lain,"kata Rais warga desa Capalulu.

Oleh karena itu, lanjut Rais pihaknya meminta Pemda Kepulauan Sula, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dibawa kepemimpinan Hendra Umabaihi agar membantu pemerintah desa melakukan normalisasi kali tersebut.

"Kali waisoha saat ini butuh di normalisai, jangan tunggu banjir baru normalisasi, itu kan sudah terlambat"ujarnya.

Rais bilang, sejumlah rumah warga saat ini sudah terendam dengan genangan air. baru genangan air rumah warga sudah penuh dengan air apa lagi banjir akan lebih parah lagi,tutupnya.
(Imel)

 

Berita Terkait