Kamis, 03 Desember 2020 | 17:11:00 WIB

Pembunuh Kiki Belum Dieksekusi Mati, karena Menunggu Grasi dan PK

Jum'at, 24 Juli 2020 | 16:59 WIB
Pembunuh Kiki Belum Dieksekusi Mati, karena Menunggu Grasi dan PK

Persidangan kasus pembunuhan dengan terdakwa Ronal, yang terancam hukuman mati di pengadilan Tidore, Malut. (Foto: PoskoMalut/Lindo)

TIDORE, LINDO - Irwan Tutuwarima alias Ronal hingga kini belum dieksekusi mati. 

Ronal dijatuhi hukuman mati oleh Pengadilan Negeri Soasio Tidore karena terbukti melakukan pemerkosaan dan pembunuhan terhadap Gamaria W Kumala alias Kiki. 

Putusan PN Tidore pada Desember 2019 lalu ini diperkuat oleh Mahkama Agung (MA) melalui kasasi yang diajukan tim hukum Ronal. 

Asisten Pidana Umum, Kejaksaan Tinggi Maluku Utara Hartawi menyatakan, untuk melakukan eksekusi mati terhadap terpidana Ronal, pihaknya harus menunggu seluruh hak hukum terpidana terpenuhi.

“Terkait eksekusi kita harus semua upaya hukum yang jadi hak terpidana,” kata Hartawi, Jumat (24/07/2020).

Ia menjelaskan, eksekusi masih menunggu upaya Grasi dan peninjauan kembali (PK) yang menjadi hak terpidana.

“Jadi kami masih menunggu dua upaya hukum yang menjadi hak terpidana itu,” jelasnya.

Sebelumnya, Ronal dituntut penjara seumur hidup oleh jaksa penuntut umum. Namun, Hakim Pengadilan Negeri Soasio menjatuhi hukuman mati terhadapnya. Putusan PN Soasio itu diperkuat oleh Pengadilan Tinggi Malut dalam upaya banding yang dilakukan oleh terdakwa. Putusan dua pengadilan itu juga diperkuat oleh Mahkamah Agung (MA) dalam upaya kasasi. MA juga menvonis hukuman mati terhadap M Irwan Tutuwarima alias Ronal.

MP/AD 

Berita Terkait