Jumat, 04 Desember 2020 | 21:19:48 WIB

SMK KAL-1 Luncurkan Vocation Mobile Teaching Dan Patroli Pengendali Pembelajaran Daring

Kamis, 30 Juli 2020 | 12:54 WIB
SMK KAL-1 Luncurkan Vocation Mobile Teaching Dan Patroli Pengendali Pembelajaran Daring

(FOTO : YHT/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Akibat masa Pandemi Covid -19, Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut (SMK KAL-1) membuat terobosan baru dengan  metode pembelajaran vokasi keliling ke rumah-rumah siswa menggunakan "Vocation Mobile Teaching", dan Peresmian Pengendali Pembelajaran Daring yang di resmikan secara virtual oleh Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah (YHT) Cabang Surabaya Drs. S.D Seputra, S.K.M., M.M, di ruang Pusat Pengendali Pembelaaran Daring SMK KAL-1 Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Rabu (29/7/20)

Kehadiran Pengawas SMK Provinsi Jatim Cabang Sidoarjo Drs. Boedi Prasodjo ke SMK KAL-1 dalam rangka melihat dari dekat keberadaan sekolah yang bernaung di Yayasan Hang Tuah (YHT) Cabang Surabaya, bagaimana perkembangan sarana dan prasarana pendidikan saat ini.

"Vocation Mobile Teaching" merupakan gagasan Kepala Sekolah SMK KAL-1 Letkol Laut  (KH) Drs. Ambar Kristiyanto, M. Si, untuk memecahkan problem pembelajaran bagi siswa SMK yang tidak terjangkau dengan sistim PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh)/daring, karena siswa SMK harus melaksanakan  sentuhan vokasi. Semakin sering melaksanakan praktek menggunakan peralatan, maka siswa akan semakin memiliki kompetensi yang  sesuai jurusannya.

Nantinya para guru yang terlibat  dalam kegiatan menyasar siswa-siswa ke rumahnya, akan selalu melaksanakan protokol kesehatan  dalam rangka pencegahan virus Covid-19. Mereka sebelumnya akan memastikan kondisi kesehatan keluarga siswa dan lingkungannya. Kalau kondisi aman, Mobile Teaching beserta guru pengawaknya akan menuju rumah siswa.

Senentara itu, Patroli Pembelajaran Daring juga akan segera beraksi mengingat pembekajaran PJJ sudah berlangsung sekama dua minggu di tahun pekajaran 2020/2021. Selama dua minggu berlangsung tentunya ada beberapa kendala yang dihadapi para guru.

Karenanya, patroli guru dalam pemvelaharan daring sangat diperlukan khususnya untuk memantau kondisi pembelaran siswa sehingga ke depan hasilnya akan maksimal.

Keberadaan Vocation Mobile Teaching memiliki peralatan dari empat kejuruan yang ada terdiri dari jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR), meliputi System  rem, Trainer Kelistrikan body, Trainer pengapian dan Hand Tool.

Dari Teknik Pemesinan (TPM), meliputi  Mesin Gerindra, Travo las. dari Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), meliputi Trainer Controller dan dari Teknik Audio Video (TAV), meliputi Trainer Mikrokontroler berbasis Internet Of Think (IOT).

Pada sesi terakhir, Pengawas Cabdin dan Kepsek SMK KAL – 1, secara simbolis menyematkan jaket yang akan digunakan oleh seluruh guru wali kelas selama melaksanakan Patroli Pembelajaran Daring. Bagi guru yang melaksankan pembelajaran daring ke rumah siswa akan termonitor dari ruang Pusat Pengendali Pembelajaran Daring yang berada di ruang guru.

"Keberadaan Vocation Mobile Teaching akan segera dioperasikan secepat mungkin agar para siswa  di tahun pelajaran 2020/2021 memiliki kompetensi sesuai kurikulum yang sudah ditetapkan," tuturnya. (ARMAN R)

Berita Terkait