Jumat, 04 Desember 2020 | 21:29:43 WIB

Pembelajaran Daring, 19 Wali Kelas Dan Kepala Sekolah SMK KAL-1 Sasar Ke Rumah Siswa

Sabtu, 1 Agustus 2020 | 09:18 WIB
Pembelajaran Daring, 19 Wali Kelas Dan Kepala Sekolah SMK KAL-1 Sasar Ke Rumah Siswa

(FOTO : YHT/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Sebuah gerakan atraktif dipertunjukkan Kepala Sekolah SMK KAL-1 Surabaya dengan melibatkan 19 guru wali kelas, kelas X, XI dan XII untuk memastikan siswanya benar-benar melaksanakan pembelajaran Daring yang sudah berlangsung dua minggu di tahun pelajaran 2020/2021 dengan cara mengunjungi beberapa siswanya ke rumah yang telah di tentukan, Kamis (30/7/20).

Inspeksi Mendadak (Sidak) ke rumah siswa dimasa pandemi Covid-19 kali ini mungkin dianggap membahayan bagi guru yang menyasar ke rumah siswa, namun tidak demikian yang dilakukan oleh guru-guru terbaik di SMK KAL-1 Surabaya, para guru tersebut sudah mendapatkan bekal dari sang Kepala sekolah yang dengan dua melati dipundaknya, tentu sudah memperhitungkan segala hal yang akan dihadapi. 

Dengan Protokol kesehatan yang ketat,  para guru wali kelas X, XI dan XII, bahkan Kepala Sekolah (Kepsek) juga turut serta dalam Sidak patroli Pembelajaran Daring yang baru di luncurkan pada Rabu (29/9/20) oleh Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah (YHT) Cabang Surabaya Drs. SD Seputra, S.K.M., M.M sercara virtual. Mereka dilengkapi dengan menggunakan masker, sarung tangan , face shield dan hand sanitizer serta jaga jarak aman dan sudah memastikan kondisi siswa dan keluarganya dalam kondisi aman dan bebas covid-19. 

Patroli Pembelajaran Daring SMK KAL-1 menurut Kepsek memiliki tujuan sangat mulia, disamping untuk silaturohim ke orang tua siswa serta peserta didik, juga untuk memastikan bagaimana proses pembelajaran PJJ/Daring yang dilaksanakan sesuai Edaran Mendikbud Nomor : 36962/ MPK.A/HK/2020 tanggal 17 Maret 2019.

Yang beruntung di Patroli Pembelajaran Daring hari pertama adalah siswa Cruisella Vista Wijayanti  kelas X jurusan Teknik Audio Video dan Ibunya yang bertempat tinggal di Jalan Ngaglik Kuburan  No.28 B Surabaya, karena mendapat kunjungan Kepala Sekolah SMK KAL-1 Letkol Laut (KH) Drs. Ambar Kristiyanto, M.Si dan 2 orang guru   Petty  Soelistoningsih, S.Pd dan Alifah Febri Khairina, S.Pd.  

Dalam dialognya antara Kepsek, guru, orang tua dan siswa, terlihat sangat familiar, tidak ada jurang pemisah diantara mereka, bahkan segala keluh-kesah siswa dan orang tuanya  yang sudah 10 tahun ditinggal suaminya (karena meninggal dunia)  sangat akrab. Dengan demikian segala bentuk kekurangan dalam kondisi pembelajaran daring dapat disampaikan langsung kepada Kepseknya.

Semua langkah para wali kelas yang ke rumah siswa dapat di monitor dari Pusat Pengendali Pembelajaran Daring  di SMK KAL, karena sebelum para wali kelas bergerak ke sasaran rumah siswa , dilaksanakan dahulu  pengarahan oleh Waka Kurikulum yang sebelumnya sudah di kondisikan dengan Kepsek. (ARMAN R)

Berita Terkait