Jumat, 04 Desember 2020 | 22:05:58 WIB

Efisiensikan Manajemen Sekolah, Kepala SMK KAL-1 Lantik Tiga Waka Sekolah

Sabtu, 8 Agustus 2020 | 15:13 WIB
Efisiensikan Manajemen Sekolah, Kepala SMK KAL-1 Lantik Tiga Waka Sekolah

(FOTO : YHT/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Pembenahan Manajemen Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut (SMK KAL-1 ) Surabaya dilaksanakan Jum’at, (7/8/20) yang ditandainya pelantikan 3 Wakil Kepala Sekolah oleh Kepala SMK KAL-1 Letkol Laut (KH) Drs. Ambar Kristiyanto, M.Si, di ruang Praktek Siswa (RPS) disaksikan seluruh guru dan karyawan sekolah, Jumat (7/8/20).

Serah terima ketiga Wakil Kepala Sekolah tersebut, terdiri dari Wakil Kepala Sekolah Bidang  Kurikulum dari Munawar, S.Pd diserakan kepada Ari Sutrijono, S.Pd. M.M, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dari Drs. Parman, M.Si ke Munawar , S.Pd, Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarpras dari Drs Sukarno PJ, MMT kepada Karno Setyo Budi, S.Pd ., M.M., M.Pd, Kepala Perpustakaan dari  Pety Soelistyoningsih, S.Pd kepada Drs Parman, M.Si dan serah terima Kepala Tata Usaha dari  Yoyok Subagyo, S.Pd., M.Si kepada Pety Soelistyoningsih, S.Pd.

Efisiensi manajemen sekolah SMK KAL-1 yang sebelumnya terdiri 4 Waka, kini berubah menjadi 3 waka dengan berbagai tugas tambahan. Waka Kurikulum dan Operasional Pendidikan,  Waka Kesiswaan dan Humas, serta Waka Sarpras dan IT.

Kepala SMK KAL-1 Letkol Laut (KH) Drs. Ambar Kristiyanto menjelaskan, perubahan-perubahan terebut merupakan efisiensi untuk meningkatkan kinerja sekolah dalam pencapaian tujuan pendidikan, baik tujuan nasional maupun tujuan kelembagaan khususnya dalam rangkan menacapai target visi dan misi sekolah.  Serta mewujudkan generasi berakhlak mulia yang memiliki kompetensi responsif dan adaptif terhadap perkembangan  dan kemajuan  lteknologi pada zamannya.

Menurutnya, keputusan penunjukan ketiga Waka tersebut melalui mekanisme yang alot, mulai dari hasil tes psikologi di Lembaga Psikologi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), dedikasi dan loyalitas  calon waka serta hasil sosiometri yang dilaksanakan terhadap seluruh guru dan karyawan. 

Dengan demikian, Kepala Sekolah  tentunya tidak akan salah dalam menentukan jabatan tersebut. Kemudian ketiga calon Waka tersebut untuk dapat pengakuan secara sah, dilaksanakan pengusulan ke Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah (YHT) yang dijabat Drs. SD Seputra, S.K.M., M.M yang hasil finisnya ke tiga jabatan waka SMKKAL-1 dilantik pada hari ini.

"Kepada para Waka yang baru saja dilantik, selaku pemimpin di institusi sekolah SMK KAL-1 naungan YHT Cabang Surabaya, pergantian para 
Waka adalah hal yang wajar dan harus dilaksanakan untuk perbaikan organisasi. Namun para Waka ini lebih ditekankan untuk bisa meneladani  4 sifat Rasulullah, yaitu Sidiq yang berati jujur dalam setiap perbuatannya, Amanah/dapat dipercaya akan tugas yang dibebankan, Fathonah yang bermakna memiliki ilmu/pandai/ cerdas dan Tablik yang bermakna  dapat menyampaikan segala sesuatu baik ke atas maupun ke jajaran yang menjadi tanggung jawabnya. (ARMAN R)

Berita Terkait