Rabu, 30 September 2020 | 00:19:38 WIB

Dianggap Keliru, DPMD Halut Batalkan Surat Penunjukan PLH Kades Dokulamo Oleh Camat Galela Barat.

Kamis, 13 Agustus 2020 | 18:49 WIB
Dianggap Keliru, DPMD Halut Batalkan Surat Penunjukan PLH Kades Dokulamo Oleh Camat Galela Barat.

Kadis DPMD Halut Wenas Rompis (foto: Jef-LINDO)

LNDO HALUT - Gejolak atas tuntutan dari Forum Pemuda Peduli Desa Dokulamo terhadap Pemerintah Kecamatan Galela Barat agar segera memberhentikan Kepala Desa Dokulamo dari jabatan Kades, yang telah terjadi di beberapa pekan kemarin akhirnya tercapai.


Dari tuntutan tersebut akhirnya Camat Galela Barat Hanafi Otinoru telah mengeluarkan surat Pemberhentian Kepala Desa Dokulamo dan mengangkat Pelaksana Harian (PLH) secara resmi yang di tujukan ke Kades dengan Nomor : 820/191/2020 sifat penting pertanggal 12 Agustus 2020 diantaranya 3 poin yakni Kepala Desa M. Ikbal Togubu dinonaktifkan dari jabatannya sebagai Kepala Desa Dokulamo, kepada Inspektorat Halut segera untuk melakukan audit, selanjutnya kelancaran pelaksanaan tugas tugas Pemerintah Desa ditugaskan Hasbullah S. Kasim Jabatan Kasie Penerintahan di Kantor Camat Galela Barat sebagai Pelaksanaan Harian (PLH) di kantor Desa Dokulamo.


Sementara itu kepada LiputanIndonesinews, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Wenas Rompis menilai surat pemberhentian dan pengangkatan pejabat yang dilakukan Camat Galela Barat itu sangat menyalahi aturan dan mekanisme sehingga surat yang keluarkan oleh Camat yang ditujukan ke DPMD dengan tembusan kepada Bupati Halut  dianggap keliru dan dibatalkan.

 

Wenas menjelaskan bahwa surat yang dikeluarkan Camat Galela Barat itu sangat keliru, maka DPMD telah menyurat secara resmi untuk membatalkan surat dari camat tersebut. "Surat penunjukan Plh telah kami tindaklanjuti dengan menerbitkan surat pembatalan SK tersebut," kata Rompis kamis (13/08). 


Diketahui, surat dari DPMD bernomor 141/93/2020 bersifat penting, dengan perihal Pembatalan Surat Camat Galela Barat Nomor 820/191/2020, dengan isi surat sebagaimana yang dimaksudkan oleh Camat yang telah  kirim kepada DPMD.


Menurut mantan Kaban Kesbangpol Halut ini, terkait dengan hal tersebut yang di maksudkan Camat adalah pemberhentikan (Nonaktifkan) Kepala Desa itu merupakan kebijakan Bupati Halmahera Utara. "Sesuai aturan, yang bilang itu aturan bukan saya, dan dalam peraturan pemerintah yang melantik dan memberhentikan Kades adalah Bupati," ungkapnya.


Dijelaskannya, dalam surat yang telah dikeluarkan berisi meminta Camat membatalkan surat yang telah dilayangkan. "Ikbal Tobuku masih menjabat sebagai kepala desa Dokulamo devinitif," jelasnya.


Lanjut ia, mengenai pemeriksaan kepala desa Dokulamo, DPMD juga sudah menindaklanjuti ke Inspektorat Kabupaten Halut untuk melakukan pemeriksaan sesuai dengan tuntutan Forum Pemuda Peduli Desa Dokulamo, "Surat kami juga tembusan nya ke Bupati. 


Apa yang kami lakukan ini sebelumnya sudah kordinasi dengan Bupati bukan semaunya kami dan ini sesuai dengan prosedur," terangnya.


Ditambahkannya, bagi DPMD apa yang ditudukan kepada Kepala Desa, ada yang mempunyai kewenangan memeriksanya dan itu kami sudah serahkan ke Inspektorat. 


" Kami tidak menutup nutupi apabila ada pelanggaran segera yang bersangkutan akan diperiksa, kami hanya batas mengeluarkan surat pembatalan atas penunjukan Camat Galela Barat itu," tutupnya.   ( Jef/IT)

Berita Terkait