Rabu, 30 September 2020 | 00:22:50 WIB

Danlantamal XII Pontianak Vicon Dengan Pangdam XII/Tpr Bahas Penanggulangan Covid-19

Jum'at, 14 Agustus 2020 | 07:32 WIB
Danlantamal XII Pontianak Vicon Dengan Pangdam XII/Tpr Bahas Penanggulangan Covid-19

(FOTO : DISPENLANTAMALXI/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) XII Pontianak Kolonel Marinir Andi Rukman didampingi Para Asisten Danlantamal XII, di ruang Olah Yudha Lantamal XII, Jalan Komodor Yos Sudarso No 1 Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), pada Rabu (12/8/20) melaksanakan Video Conference (Vicon) dengan Pangdam XII/Tanjungpura (Tpr) Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dari Ruang Rapat Puskodalopsdam XII/Tpr.

Vicon kedua pejabat militer tersebut membahas tentang Evaluasi pelaksanaan Pendisiplinan Protokol Kesehatan dan Penyampaian Konsep Operasi Penanganan Covid-19 dalam rangka mewujudkan masyarakat Produktif dan Aman dari Covid-19.

Danlantamal XII Kolonel Marinir Andi Rukman dan Pangdam XII Tanjungpura meminta kepada seluruh jajaran yang terlibat dalam tugas penanganan Covid 19 khususnya Tentara Nasional Indonesia (TNI), terkait Inpres Nomor 6 tahun 2020 mengenai perintah Presiden agar TNI mendukung dan membantu sepenuhnya para kepala daerah baik itu Gubernur dan Bupati/Walikota dalam penanganan Covid-19 serta mendukung Gugus Tugas Pusat atau Komite Penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. 

Kedua pejabat juga meminta agar pelaksanaan penegakan disiplin dilapangan, aparat TNI membangun komunikasi partisipatif sehingga masyarakat secara sadar dan ikhlas dalam beraktifitas sehari hari mentaati protokol kesehatan yang dapat menjadikan kebiasaan.   

Selain hal tersebut di atas, Vicon juga membahas tentang penanganan Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Tenaga Kerja Indonesia yang melibatkan semua unsur instansi terkait yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu, bahwa Satuan Patroli (Satrol) adalah merupakan bagian UT Satgas Laut dan Komandan Satuan Kapal Patroli (Satrol) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Kolonel Laut (P) Saryanto  sebagai Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Penanganan dan Pemulangan PMI. 

Selama masa pandemic Covid 19, Kalbar telah beberapa kali memulangkan PMI melalui pelabuhan Dwikora Pontianak menuju pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan menggunakan KM. Dharma Rucitra 9, semua pemulangan terkait tenaga migran yang datang dari luar negeri pelaksanaannya tetap mengacu pada protokol kesehatan Covid-19 sesuai dengan anjuran pemerintah. (ARMAN R)

Berita Terkait