Rabu, 28 Oktober 2020 | 06:46:59 WIB

Bawaslu Tikep Dan Pemkab Tikep Tandatangani MoU Netralitas ASN Dalam Pemilu Pada HUT Ke-2 Bawaslu.

Rabu, 19 Agustus 2020 | 21:28 WIB
Bawaslu Tikep Dan Pemkab Tikep Tandatangani MoU Netralitas ASN Dalam Pemilu Pada HUT Ke-2 Bawaslu.

Penanda tanganan MoU Bawaslu Tikep dan Pemkab Tikep (Istimewa)

LINDO TIDORE- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tidore Kepulauan (Tikep) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Daerah (Pemda) kota Tikep, Penandatanganan MoU tersebut dilakukan sekaligus memperingati Hari Lahir (Harla) Bawaslu Kabupaten/Kota ke-2 Tahun.


Penandatangan ini dilakukan oleh Ketua Bawaslu Kota Tikep dan Wali Kota Tikep yang diwakili Asisten Sekda Bidang Ekonomi Pembangunan Muhammad Yasin, Selasa (18/08/20) di Sekretariat Bawaslu Tikep.


Ketua Bawaslu Kota Tikep Baharuddin Tosofu dalam sambutannya mengapresiasi Pemda Kota Tikep atas kerja samanya dalam pengawasan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan tahun 2020.

“Penandatanganan nota kesepahaman antara Bawaslu dan Pemda Kota Tikep ini merupakan bentuk upaya menyamakan persepsi antar lembaga. Didalam nota kesepahaman  tentang netralitas ASN memiliki nilai dasar, kode etik serta kode prilaku ASN,” tutur Bahrudin.


Lanjut Bahrudin, Pemilihan Umum di Kota Tidore kerap menyisakan permasalahan terkait netralitas ASN. Padahal sudah jelas-jelas ada Undang-Undang serta Peraturan-peraturan yang telah mengatur tentang netralitas ASN.
 “Terkait netralitas ASN, pada Pemilu di tahun kemarin Bawaslu telah merekomendasikan beberapa ASN lingkup Pemerintah kota Tikep ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan sanksi untuk beberapa ASN tersebut telah dikeluarkan oleh KASN,” pungkasnya.


Bahrudin menambahkan, selaku pimpinan di Badan Pengawas Pemilu Kota Tikep saya sampaikan banyak terima kasih kepada Pemda Tikep, Kapolres Tikep dan Jajarannya, Kepala Kejari Tikep, Kepala Rutan Soasio, Dandim 1505/Tidore, KPU Kota Tidore, BRI Cabang Tidore dan ketua-ketua OKP di Tikep atas partisipasinya dalam menyukseskan perayaan Hari lahir Bawaslu Tikep yang ke-2 tahun ini.


Sementara itu, Asisten Sekda Bidang Ekonomi Pembangunan, Muhammad Yasin menyampaikan atas nama Pemerintah Kota Tikep kami ucapkan selamat Hari Lahir yang ke-2 kepada Bawaslu Kota Tikep.
“Semoga di usia yang masih belia ini tidak menyurutkan langkah para pengawas Pemilu untuk menjalankan demokrasi yang bermartabat di Kota Tikep,” ucap Muhammad.


Tambahnya, sampai sejauh ini Bawaslu Kota Tikep telah menjalankan tugas pengawasannya dengan baik. Pada tahun ini juga Kota Tikep akan menggelar hajat demokrasi yakni Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota dan sudah menjadi kewajiban Bawaslu sebagai lembaga pengawas Pemilu untuk melakukan pengawasan terutana dalam mengawasi netralitas Aparatur Sipil Negara. (FJ)

Berita Terkait