Kamis, 29 Oktober 2020 | 18:25:36 WIB

Kamis Besok, Tim Inspektorat Halsel Siap Audit Anggaran dan Pembangunan Desa Lata-lata

Selasa, 15 September 2020 | 15:44 WIB
Kamis Besok, Tim Inspektorat Halsel Siap Audit Anggaran dan Pembangunan Desa Lata-lata

Arsil M dan rekan-rekannya saat berada di kantor Inspektorat Halsel, Selasa (15/09/2020) siang. (Foto: Aldy/Lindo)

KASIRUTA BARAT, LINDO - Warga desa Lata-lata sudah siap menanti kehadiran petugas audit dari Dinas Inspektorat kabupaten Halmahera Selatan, pada Kamis atau Jumat siang.

"Kami datang ke Inspektorat Halsel dalam rangka konsultasi soal kapan tim Inspektorat turun ke desa kami untuk audit sejumlah infrastruktur dan pembangunan di desa Lata-lata," kata Sekretaris Aliansi Masyarakat Desa Lata-lata Arsil  Muhammad, di kantor Inspektorat Halsel, Selasa (15/09/2020) siang.

Lelaki yang sering disapa Acil ini mengakui bahwa pihaknya ingin bahwa laporan soal dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh kepala desa Lata-lata Abdul Malik Gama, harus benar-benar di buktikan dengan hasil audit dari Inspektorat Halsel, agar semua itu bisa terjawab, benar atau tidak kepala desa menyalahgunakan anggaran dana desa.

"Kami ingin pastikan apakah hasil audit Inspektorat Halsel di desa Lata-lata ada kerugian negara atau tidak. Karena yang kami lihat disana desa itu, saat ini pembangunannya tidak ada tampak sama sekali sehingga desa itu dikategorikan sebagai desa tertinggal," tegas Acil.

Sementara, dalam konsultasi tadi, perwakilan warga ditemui oleh pegawai Inspektorat. Dan hasil konsultasi mereka, mereka menjawab bahwa desa Lata-lata dalam waktu dekat tim Inspektorat akan turun melakukan audit.

"Tadi pihak Inspektorat jawab mereka akan turun pada hari kamis atau Jumat ke desa Lata-lata. Kami hanya ingin memastikan apakah Inspektorat betul-betul serius atau tidak dalam audit kerugian negara di desa Lata-lata, itu yang kami tunggu," ujar Acil.

Acil mengakui bahwa saat ini masyarakat disana sudah siap menanti petugas dari Inspektorat untuk turun ke desa mereka. Soalnya, kata dia, desa Lata-lata butuh bukti diaudit sehingga kehadiran tim Inspektorat sangat dinantikan oleh warga disana.

"Rencana warga kami ingin buat penyambutan tim dari Inspektorat. Mereka ingin Tim Inspektorat harus lihat desa mereka, apakah desa tersebut sudah masuk dalam katagori desa mandiri atau desa tertinggal. Muda-mudahan tim Inspektorat bisa temui kejanggalan pembangunan di desa kami dan kami yakin bahwa tim akan dapat keluhan babyak dari warga disana nanti," paparnya.

ALDY M

Berita Terkait