Kamis, 25 Februari 2021 | 09:04:05 WIB

Frans Manery Bapaslon Bupati Halmahera Utara Kini Di Laporkan Ke Bawaslu Atas Dugaan Pelanggaran Pemilu Kada

Rabu, 16 September 2020 | 18:03 WIB
Frans Manery Bapaslon Bupati Halmahera Utara Kini Di Laporkan Ke Bawaslu Atas Dugaan Pelanggaran Pemilu Kada

Foto Bupati Halmahera Utara Frans Manery,Dok Jef Lindo Halut Pada Hari Rabu 16 September 2020

LINDO HALUT - Bupati Halmahera Utara Frans Manery di panggil oleh pihak Bawaslu Kabupaten Halut untuk memintai keterangan atas dugaan pelenggaran administrasi Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada)  disaat penyerahan Bantuan Sosial Alat Pertanian yang berlangsung di Desa Makarti Kecamatan Kao Barat Kabupaten Halut pada pekan kemarin tanggal 7 September 2020.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua Bawaslu Rafli Kamaludin kepada media bahwa memang benar Bupati Halut Frans Manery telah kami panggil untuk dimintai keterangan serta mangklarifikasi atas laporan kasus dugaan administrasi tersebut dihari ini, " Rabu (16/9/2020). 


Lanjut Rafli,  Laporan yang dilaporkan oleh pelapor yaitu Dugaan kasus Pelanggaran Administrasi PILKADA 2020 oleh Bupati saat penyerahan Bantuan Sosial (Bansos)  alat alat pertanian di Desa Makarti Kecamatan Kao Barat Kabupaten Halmahera Utara, " katanya 

Menurutnya,  Laporan saat ini kami telah terima dan sudah kami panggil kedua pihak yakni Pelapor dan pihak Terlapor untuk dimintai keterangan dan juga mengklarivikasinya, " ucap Rafli. 

Sementara ini ditindak lanjuti yang bersifat klarifikasi dan memintai keterangan dari masing masing saksi. Bagi terlapor mengajukan dua orang saksi namun tetapi terlapor baru hadirkan satu orang saksi dan masih satu saksi lagi yang belum dimintai keterangan, " katanya.  

Kata Rafli,  kalau memang kasus tersebut itu terbukti sesuai dengan pelanggaran Pemilu maka kami akan sesuaikan dengan pasal pasal yang berlaku sesuai dengan undang undang pemilu,  " maka kajian kami harus juga ada sandaran dengan pasal  yang sesuai untuk menjadi pelanggaran nanti dan pada pasal berapa yang harus menjadi dasar

lanjutnya  bahwa pada intinya saat ini kami masih menindak lanjuti pemeriksaan saksi saksi dan klarivikasi, " tuturnya.   ( jef)  

Berita Terkait