Jumat, 04 Desember 2020 | 20:49:41 WIB

SMK KAL-1 Laksanakan Simulasi Tes Garjas

Kamis, 17 September 2020 | 10:45 WIB
SMK KAL-1 Laksanakan Simulasi Tes Garjas

(FOTO : YHT/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut (SMK KAL-1) Surabaya (Jawa Timur) memiliki tiga program unggulan. Ketiga program unggulan peminatan itu, masuk dalam jalur ektrakurikuler, jalur sukses menuju dunia usaha, jalur sukses melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi dan jalur masuk ke profesi khusus TNI-Polri. 

Dimasa Pandemi Covid-19 yang tak kunjung reda, SMK KAL-1 yang bernaung di Yayasan Hang Tuah (YHT) Cabang Surabaya dan berdomisili di Komplek Komando Doktrin ,  Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal), pada Rabu (16/9/20) menggelar Simulasi Tes Kesegaran Jasmani/Garjas di halaman sekolah.

Tes Garjas SMK KAL-1 tidak sebagai mana mestinya yang dilakukan oleh TNI aktif, karena mereka ini masih siswa di tingkat SMK, apalagi masih dalam masa pandemic Covid-19. Pelatih sekaligus pembina ekstra kurukuler tidak melaksanakan sebagaimana mestinya. Simulasi tes garjas sebagai  penjajakan awal untuk pembinaan lebih lanjut bagi-siswa yang bercita-cita menjadi TNI – Polri.  

Kepala Sekolah SMK KAL-1 Surabaya Letkol Laut (KH) Drs Ambar Kristiyanto, M.Si dalam pengarahan sebelum simulasi latihan dimulai, secara khusus memberikan jalan bagi siswanya  yang memilih cita-citanya ke militer. Perwira Menengah (Pamen) Kodiklatal ini menfasilitasi segala bentuk latihan fisik dan mental, bahkan tes psikologi siswa juga akan dilaksanakan. Kesemuanya menjadi prioritas unggulan baginya  dalam rangka menghantarkan siswa menuju cita-citanya yang akan terjun ke dunia militer.

"Simulasi Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) merupakan salah satu bagian penting yang tidak bisa dipisahkan  bagi siswa  SMK KAL-1 yang bercita-cita akan menjadi TNI, tes kebugaran jasmani sangatlah penting untuk mengukur kemampuan sejauh mana tingkat kesiapannya . Sudahkah sesuai target kelulusan/sudah tergolong masuk standar minimum atau bahkan pencapaian yang maksimum," jelas Letkol Laut (KH) Drs Ambar Kristiyanto.

Menurut Letkol Laut (KH) Drs. Kardiman selaku pembinanya, tes garjas ini penting, selain untuk mengetahui kondisi fisik, juga agar kondisi tubuh kita tetap sehat dan bugar, sehingga diharapkan dengan kondisi fisik yang prima  kedepan dapat lulus saat waktunya tiba melaksanakan tes masuk ke dunia militer. Peserta  yang hadir 65 siswa peminat TNI-Polri juga mendapatkan penjelasan soal materi tes fisik/garjas yang akan dihadapi saat tes masuk TNI- Polri.

Materi simulasi tes Kesegaran Jasmani yang dilaksanakan di lingkungan sekolah mencakup tes Batetrai “A”  dan tes Baterai B, untuk Baterai A yaitu lari selama 12 Menit, sedangkan untuk Baterai “B” meliputi Pull Up, Sit Up, Push Up dan Sutlle Run.  

Sekitar 70 siswa kelas XI dan alumni SMK KAL-1 mengikuti tes garjas pada sore hari (jam 15.00) sampai selesai. pelaksanaan tes tersebut disesuaikan dengan protokol kesehatan Covid -19 dengan tetap memakai masker,  mencuci tangan dan tetap menjaga jarak, karena  dengan disiplin protokol kesehatan merupakan hal yang wajib  dilakukan dalam rangka menghindarkan diri dari dari paparan covid-19 dan memutus  penyebarannya. (ARMAN R)

Berita Terkait