Minggu, 25 Oktober 2020 | 07:03:37 WIB

Peringati Hutnya Ke-75 Tahun 2020, Mabes TNI Gelar Donor Darah Dan Pemberian Sembako

Selasa, 22 September 2020 | 09:47 WIB
Peringati Hutnya Ke-75 Tahun 2020, Mabes TNI Gelar Donor Darah Dan Pemberian Sembako

(FOTO : ARMAN/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (Hut) Ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI) Tahun 2020, Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP membuka acara Donor Darah dan Pemberian Sembako dalam rangka Hut TNI Tahun 2020, di GOR A Yani Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (22/9/20).

Kegiatan Donor darah dalam rangka Hut Ke-75 TNI, pada 22 September secara serentak dilaksanakan di instansi TNI di seluruh Indonesia yang terpusat di Mabes TNI Sebelumnya, sejak 4 sampai dengan 21 September 2020, telah dilaksanakan Donor Darah dalaim rangka Hut Ke 75 TNI di 100 kantor Palang Merah Indonesia (PMI) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Selain melaksanakan kegiatan Donor Darah, Mabes TNI juga memberikan buntuan paket Sembako kepada masyarakat yang kurang mampu, dengan mengerahkan 20 orang Babinsa, 20 orang Babinpotmar dan 20 orang Binpotdirga.

Peserta donor darah sebanyak 1000 orang dengan rincian 500 Prajurit TNI, 50 anggota Polri, 200 Pegawai Negeri Sipil (PNS), 10 Dharma Peniwi, dan 240 komponen Bangsa lainnya.

Dalam rangka Hut Ke-75 TNI, juga telah digelar kegiatan Bakti Sosial (Baksos) yaitu membagikan sembako kepada masyarakat di wilayah satuan kerja TNI, seperti Kogartap Jakarta, Kogartap 1 Bandung, Kogartap Surabaya dan Kogabwilhan II di Kalimantan Timur (Kaltim).

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua PMI Pusat H Jusuf Kalla, Kasum TNI, Irjen TNI, Aster Panglima TNI, Ketua Umum Dharma Pertiwi, Pengurus Dharma Pertiwi, ??n Staf PMI. 

"Saya ucapkan selamat datang kepada Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Bapak Haji Muhammad Jusuf Kalla beserta jajaran dan merupakan sebuah kehormatan bagi Tentara Nasional Indonesia (TNI) dapat berkolaborasi dengan PMI dalam kegiatan bakti sosial dan donor darah kegiatan ini mengambil momentum peringatan hari ulang tahun TNI ke 75 yang jatuh pada 5 Oktober 2020 yang akan datang," kata Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

TNI lanjutnya, sebagai salah satu pilar bangsa senantiasa menjaga komitmen kepada seluruh rakyat Indonesia untuk selalu bersama rakyat dalam situasi apapun termasuk di masa-masa sulit pada kegiatan ini menjadi wujud kepedulian sosial dan Bakti keluarga besar TNI untuk membantu meringankan kesulitan masyarakat. 

TNI kata Marsekal TNI Hadi, bekerja sama dengan PMI sebagai mitra dalam donor darah inilah bentuk TNI dengan PMI untuk meningkatkan pasokan kantong darah di Indonesia dan ikut serta secara aktif dalam kegiatan kemanusiaan.

"Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada penyelenggara dan para pendonor yang secara sukarela telah berpartisipasi dalam kegiatan yang mulia ini.  Yakinlah bahwa apa yang kita lakukan hari ini akan memberi manfaat bagi orang banyak. Saya berharap semangat dan kerelaan menjadi pendonor darah dapat ditularkan kepada keluarga kerabat sahabat dan masyarakat," ucap Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Ketua PMI Pusat H Jusuf Kalla dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian TNI untuk menyelenggarakan donor darah dan sumbangan sembako Kepada seluruh masyarakat.

"Kita semua menyadari bahwa kehidupan kita badan kita terdiri 5 sampai 6 liter darah. Apabila kita ada kekurangan darah, hanyalah dari orang ke orang. Donor darah dibutuhkan dalam setiap saat dalam keadaan damai dan perang. Karena itulah, sumbangan untuk donor darah tidak pernah berhenti dalam situasi apapun di dunia ini," terang mantan Wakil Presiden RI ini.

Apalagi menurutnya, Pandemi Covid-19 ini, persediaan donor darah langsung menurun 50%. "Karena itulah, setelah TNI dan Polri turut serta dalam upaya meningkatkan kapasitas darah ini, Alhamdulillah mencapai 80% tapi itupun terus harus terus-menerus dikelola sedemikian rupa sehingga tersedia untuk masyarakat kapan pun dibutuhkan apalagi dalam masa pandemi ini," ujar H Jusuf Kalla. (ARMAN R)

Berita Terkait