Minggu, 29 November 2020 | 23:02:52 WIB

Kunjungan Kerja Ke Posal Sarmi, Danlantamal X Jayapura Serahkan Alat Rapid Test Kepada Bupati

Sabtu, 26 September 2020 | 21:17 WIB
Kunjungan Kerja Ke Posal Sarmi, Danlantamal X Jayapura Serahkan Alat Rapid Test Kepada Bupati

(FOTO : DISPENLANTAMALX/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) X Jayapura Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., M.H., di dampingi Ketua Korcab X Ny.  Ratna Yeheskiel, melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di Pos Angkatan Laut (Posal) Sarmi, Papua, Jumat (25/9/20).

Dalam Kunker nya di Posal Sarmi, Komandan Lantamal (Danlantamal) X ingin melihat secara langsung kondisi sarana prasarana Markas Komando (Mako) Posal Sarmi serta bertatap muka dengan para prajuritnya. 

Posal Sarmi merupakan Pos TNI Angkatan Laut yang disiapkan menjadi Pangkalan TNI Angkatan Laut Tipe "C" dengan Komandan berpangkat Mayor.

Dengan menempuh jalan darat lebih kurang 311 km, rombongan Danlantamal X berangkat dari Mako Lantamal X pukul 07.30 WIT dan tiba di Kota Sarmi pukul 19.45 WIT. Setibanya di Guest House Pemkab Sarmi tempat Danlantamal X dan rombongan bermalam, Laksma TNI Yeheskiel didampingi istri serta pejabat disambut oleh Bupati Sarmi Drs. Edward Fonataba, M.M.

Pada pertemuan tersebut, Danlantamal X mengucapkan rasa terimakasih atas sambutan yang hangat serta penghargaan yang tinggi kepada Bupati Sarmi atas perhatian yang besar diberikan kepada Posal Sarmi.

"Saya berharap keberadaan Posal bisa berkontribusi dalam membantu masyarakat Sarmi dan akan melibatkan Babinpotmar untuk membantu pemberdayaan masyarakat pesisir Sarmi," harap Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho.

Pada kesempatan itu, Laksma TNI Yeheskiel menyerahkan bantuan berupa alat Rapid test dan handsanitizer kepada Pemkab Sarmi yang diterima langsung oleh Drs. Edward Fonataba, M.M.

Ucapan terima kasih pun disampaikan oleh Bupati Sarmi atas kunjungan Danlantamal X dan rombongan serta bantuan yang diberikan kepada Pemkab Sarmi. "Kami juga menyampaikan terima kasih atas bantuan alat pencegah penyebaran rantai Covid-19," ucap Edward Fonataba.

Kepada Danlantamal X dan pejabat utama yang hadir, Bupati Sarmi menerangkan dan memperkenalkan tentang Kabupaten Sarmi.

Dijelaskannya, bahwa nama Sarmi adalah singkatan dari nama suku-suku besar, yakni Sobey, Armati, Rumbuai, Manirem, dan Isirawa. Terdapat 87 suku dan 87 bahasa daerah, memiliki luas wilayah 35.587 km2. Terbagi menjadi 8 kecamatan dengan Sarmi sebagai ibu kota kabupaten.

Wilayahnya sendiri berbatasan dengan Samudera Pasifik di sebelah utara, kabupaten Tolikara di sebelah Selatan, Kabupaten Puncak Jaya dan Kabupaten Waropen di sebelah Barat, dan Kabupaten Jayapura di sebelah Timur.

"Alam Sarmi yang terdiri dari daratan,  pantai dan dengan hasil bumi Sarmi yang jadi andalan adalah ubi, sagu, petatas dan sayur - sayuran," terangnya.

Diakhir acara, Danlantamal X menyerahkan plakat kepada Bupati Sarmi sebagai simbol hubungan yang baik antara TNI Angkatan Laut dengan Pemkab Sarmi. 

Ikut dalam Kunker Danlantamal X, Asops Danlantamal X Kolonel Laut (P) Budi Darmawan Amran, Aslog Danlantamal X Kolonel Laut (T) Fajar Sukmana, Dantim Intel Mayor Laut (P) Apeiles L. Sukirno, serta Danposal Sarmi Kapten Laut (PM) Yulius Dedy K. (ARMAN R)

Berita Terkait