Jumat, 04 Desember 2020 | 21:24:50 WIB

Ketum Pengurus YHT Resmikan Pembukaan Webinar Bimtek Penguatan Pembelajaran Satuan Paud

Selasa, 29 September 2020 | 09:48 WIB
Ketum Pengurus YHT Resmikan Pembukaan Webinar Bimtek Penguatan  Pembelajaran Satuan Paud

(FOTO : YHT/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Ketua Umum (Ketum) Pengurus Yayasan Hang Tuah (YHT) Laksda TNI (Purn) Amri Husaini, SE, secara resmi membuka pelaksanaan Web Seminar (Webinar) Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Pembelajaran Di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud), yang berlangsung secara terpusat di SMP Hang Tuah 6 Excellent Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (28/9/20).

Webinar Bimtek kali ini diikuti oleh 172 guru Paud dari YHT Cabang  Surabaya  dan tujuh perwakilan daerah (Batuporon, Banyuwangi, Grati, Malang, Semarang, Tegal, Cilacap,  lserta guru Paud se Kecamatan Sedati dan Kecamatan Gedangan.

Dari kantor YHT Pusat, Jakarta, Ketum YHT meresmikan pembukaan Webinar Bimtek Penguatan Pembelajaran bagi guru Paud. Hal ini disambut gembira oleh seluruh peserta yang dapat di monitor dari Long Room SMP Hang Tuah 6 Excellent Sidoarjo, dimana  Ketua Pengurus YHT Cabang Surabaya Drs. SD Seputra, S.K.M.,M.M turut aktif mengikuti jalannya pelaksanaan  Webinar hari pertama bersama dengan  para teknisi, host dan narasumber yang stanby di tempat tersebut.

Mengawali sambutannya, Ketum YHT menyampaikan kepada seluruh peserta Webinar, dimasa pandemi Covid-19 ini sesuai dengan kebijakan Mendikbud belum dilaksanakan pembelajaran tatap muka selama masih dalam lingkaran zone merah. Untuk itulah, pembelajaran daring/PJJ merupakan salah satu alternatif terbaik untuk menyampaikan ilmu pengetahuan kepada siswa. 

”Belajar memang tidak selalu mudah, namun inilah saatnya berinovasi, berkreasi, inilah saatnya kita melakukan percepatan-percepatan  dalam hal pemanfaatan Teknologi Informasi pada kegiatan Belajar Mengajar," ujar Laksda TNI (Purn) Amri Husaini.

Pada saat ini lanjutnya, guru, siswa dan orang tua pun menyadari, bahwa pendidikan bukan suatu hal yang hanya dilakukan di sekolah antara guru dan siswa saja, tapi pendidikan yang efektif  itu membutuhkan kolaborasi/ kerjasama yang saling mengisi dari ke tiga pihak.

Menurutnya, tanpa kolaborasi maka pendidikan yang efektif tidak mungkin  bisa. Akibat dari Pandemi Covid-19, pihaknya menyadari bahwa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) hanya bisa untuk mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi, akan tetapi sikap dan nilai perilaku masih tetap membutuhkan  proses pendidikan dengan tatap muka. 

Pada sesi kedua, Laksma TNI (Purn)  Drs Rosehan Chaidir, M.A.P selaku  Anggota Pembina Bidang Umum YHT menyampaikan visi YHT, menjadikan putra-putri Keluarga Besar Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dan masyarakat umum yang  cerdas, sehat jasmani dan rohani, berbudi luhur serta berjiwa bahari. 

Sedangkan Misi YHT   adalah meningkatkan kesejahteraan keluarga besar TNI AL dan masyarakat umum melalui Pendidikan  Pra Sekolah/Paud, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah/Kejuruan. Serta motto YHT ”Keberadaan Kami Mencerdaskan Anda".

Beberapa nara sumbur  yang terlibat dalam Webinar Bimtek Penguatan Pembelajaran Di Satuan Paud, antara lain Direktur Paud Dr Muhammad Hasbi,  Emy Wahyuni, M.Pd, Juliani F.K., S.Pd,  Sriyanti, S.Pd,  Anggraeni Putri H.S.Psi., M.Psi  dengan moderator dari organisasi Mitra Suswati, S.Pd,   Sri Merry Susanti, M.Pd,  Sri Hartati, S.Pd , Sriyantini, S.Pd.

Nara sumber dan moderator ini secara maraton melakukan Webinar hingga Kamis 1 Oktober 2020 jam 08.00 hingga jam 15.30 WIB.  (ARMAN R)

Berita Terkait