Rabu, 28 Oktober 2020 | 21:42:52 WIB

Kadiskual : Kursus SAIBA Manajerial Untuk Minimalisir Kesalahan Penyusunan Laporan Keuangan

Selasa, 29 September 2020 | 19:47 WIB
Kadiskual : Kursus SAIBA Manajerial Untuk Minimalisir Kesalahan Penyusunan Laporan Keuangan

(FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Kepala Dinas Keuangan Angkatan Laut (Kadiskual) Laksma TNI Dr. R. Anang D. Kuncoro, S.E., M.M., CfrA., CHRMP., menutup Kursus Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual (SAIBA) Tingkat Manajerial Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) Tahun Anggaran (TA) 2020, di Ruang Rapat Diskual, Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (29/9/20).

Kegiatan yang diikuti 20 orang peserta yang terdiri dari 8 peserta dari wilayah Jakarta dan 12 orang peserta dari luar wilayah Jakarta, telah dilaksanakan sejak 7 September 2020 lalu dengan menggunakan dua metode pembelajaran, yaitu metode tatap muka untuk peserta wilayah Jakarta dan metode Video Conference (Vicon) untuk peserta luar wilayah Jakarta.

Kadiskual dihadapan para peserta menyampaikan, kursus ini dilaksanakan sebagai salah satu langkah Dinas Keuangan Angkatan Laut (Diskual) untuk meningkatkan kemampuan, khususnya Sumber Daya Manusia (SDM) secara profesional, guna meminimalisir kesalahan dalam penyusunan laporan keuangan. 

Kadiskual berharap, dengan selesainya kegiatan ini, mantan siswa hendaknya dapat memahami tentang Akuntansi dan SAIBA serta bagaimana Akuntansi berperan dalam mendukung pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel serta dapat memberikan manfaat dan bisa diterapkan di Satuan Kerja (Satker) masing - masing serta dapat tampil ke depan dan mampu mengatasi permasalahan serta bekerja secara profesional, lebih cekatan dan tanggap terhadap permasalahan laporan keuangan di Satker masing - masing.

“Saya berharap agar mantan siswa Kursus SAIBA Tingkat Manajerial sudah mampu menjadi pengawas dan pengendali operasional SAIBA di Satker masing-masing, serta penyusunan Laporan Keuangan harus lebih baik dari sebelumnya dan kesalahan yang terjadi harus dapat terselesaikan dengan cepat dan benar,” ujar Laksma TNI Dr. R. Anang D. Kuncoro.

Dalam kegiatan yang dihadiri Sekdiskual Kolonel Laut (S) Untung Purnomo S.E., M.Psi., CHRMP.,  para Kasubdis Diskual, Ka Bp Tabplin, Ka Kuwil Mabesal, Kabagminpers Diskual, Ka Akun Kuwil Mabesal dan Para Instruktur, terpilih sebagai  peserta terbaik Lettu Laut (S/W) Ratna Oktavianti, SPsi. (ARMAN R)

Berita Terkait