Jumat, 04 Desember 2020 | 18:49:03 WIB

4 Kandidat Paslon Bupati dan Wakil Bupati Halbar Belum Ada Jadwal Kampanye di Jaltim

Rabu, 14 Oktober 2020 | 12:31 WIB
4 Kandidat Paslon Bupati dan Wakil Bupati Halbar Belum Ada Jadwal Kampanye di Jaltim

Nomor urut masing-masing paslon Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Barat usai pengundia yang diselenggarakan di aula Dhoek palace Desa Hatebicara Kecamatan Jailolo, Kamis (24/09/2020). (Foto: SR-AD/LINDO)

HALBAR, LINDO - Empat kandidat pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati Halmahera Barat (Halbar), James Uang-Djufri Muhammad (Jujur), Danny Missy - Imran Lolori (Damai), Ahmad Zakir Mando - Alpinus K Pay (Zaman-Pay), dan Denny Palar-Iksan Husain (Desain), hingga kini mereka juga belum melakukan kampanye visi-misi mereka di enam desa atau di kecamatan Jailolo Timur, kabupaten Halbar.

Demikian hal ditegaskan ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) desa Akelmaokao, kecamatan Jailolo Timur, kab Halbar Amina Hi Syamsudin di sela-sela acara sosialisasi soal daftar pemilih sementara (DPS) di desa Akelamokao, Rabu (14/10/2020) siang.

Menurutnya, ketidak pastian jadwal kampanye para kandidat paslon itu, karena berdasarkan himbauan KPU Halbar, semua jadwal kampanye kandidat paslon telah diatur oleh KPU Halbar. Sementara Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) kabupaten Halbar juga turut serta dalam pengawasan kandidat paslon saat berkampanye ke desa-desa.

"Kalau soal jadwal kampanye kandidat Paslon di setiap desa, telah diatur oleh KPU kabupaten dan seluruh aktifitas kampanye paslon akan dikawal ketat oleh kepolisian dan Bawaslu kabupaten dan panwas kecamatan. Untuk di desa Akelmaokao dan di kecamatan Jailolo Timur seluruh kandidat belum melakukan agenda kampanye di enam desa. Mereka akan berkampanye di Jaltim, hanya waktu saja yang belum diatur oleh KPU Halbar," tandas Amina.

Soal kampanye paslon nomor urut 2 di desa Akelamokao dan desa Tetewang baru-baru ini, menurut Amina, itu hanya sebatas blusukan kandidat saja, belum dalam masa kampanye.

"Kedatangan paslon nomor urut 2 ke desa Akelamokao dan desa Tetewang baru-baru ini bukan dalam kapasitas kampanye. Mereka datang dalam rangka meresmikan pengurus anak rating dan melantik pimpinan anak cabang PDIP Jaltim. Selebihnya, mereka hanya blusukan pada warga saja," ujar Amina.

Sampai berita ini dilansir, baik di desa Akelamokao dan 5 desa lainnya belum ada pengarahan massa ke lokasi kampanye. Namun sebagian warga di enam desa hanya membangun posko masing-masing kandidat untuk memeriahkan pesta demokrasi di pemelihan kepala daerah secara serentak pada 9 desember 2020 mendatang.

"Kalau arahan kampanye disetiap desa di Jailolo Timur, hingga sejauh ini, kami belum dapat jadwal kampanye paslon. Tetapi sudah ada sebagian warga di 6 desa yang telah memasang posko dan baliho relawan kandidat. Mereka hanya menunggu paslonnya yang akan turun melakukan kampanye di posko mereka," tandasnya.

Sedangkan setuasi kamtibmas khususnya di enam desa di kecamatan Jailolo Timur, hingga kini terpantau dalam keadaan aman terkendali. Tidak ada pergerakan dan arahan massa dalam menyikapi suhu politik, baik di tingkat pusat maupun ditingkat daerah. Semua berjalan aman dan lancar.

ALDY M

Berita Terkait