Jumat, 04 Desember 2020 | 21:09:00 WIB

Siswa SMK KAL-1 Laksanakan  Tes Garjas Versi Militer

Kamis, 15 Oktober 2020 | 12:29 WIB
Siswa SMK KAL-1 Laksanakan  Tes Garjas Versi Militer

(FOTO : YHT/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Sekolah Kejuruan Khusus Angkatan Laut (SMK KAL-1) Surabaya, Jawa Timur, pada Rabu (14/10/20) melaksanakan tes kesegaran jasmani, di Lapangan  Dewaruci Komando Pembinaan  Doktrin,  Pendidikan dan Latihan TNI AL ( Kodiklatal) dengan melibatkan  siswa kelas XII jurusan Teknik Pemesinan  (TPM) dan Teknik Kendaraan Ringan (TKR).

Letkol Laut (KH) Drs Kardiman selaku pembina siswa yang  tergabung dalam ekstrakurikuler Tentara Nasional Indonesia (TNI), khusus membina serta memberi pembekalan materi tes garjas yang biasa dilaksanakan dikalangan TNI AL, selama pelaksanaan tes garjas, meliputi baterai A dan baterai B.

Sesi pertama baterai A melaksanakan lari keliling lapangan selama 12 menit.  Untuk pencapaian standar kelulusan  lari selama 12 menit (lari garjas) menempuh 2400 m (6 kali putaran lapangan) itu standar terendah. 

Untuk pecapaian hasil maksimal bisa sebanyak mungkin selama waktu 12 menit, karena dalam pelaksanaan tes garjas masuk TNI persaingan sangat ketat, untuk itu pencapaian nilai di baterai A harus semaksimal mungkin.

Sesi ke dua baterai B, meliputi push up, pull ups, sit ups, shuttle run. Pada sesi ini peserta melaksanakan secara bergantian per tiga siswa dalam kegiatan secara bersambung dengan penilai dari personil TNI AL korps Jas dari Kodiklatal terdiri dari Serka Jas Retu dan Serka Jas Dames.

Siswa peserta tes garjas kali ini, terdiri dari dua jurusan, jurusan Teknik Pemesinan dan jurusan Teknik Kendaraan Ringan. Mereka ini sangat antusias mengikuti tes karena kedepan mereka memang memiliki cita-cita untuk masuk ke dunia militer. 

Rangga Permata Putra, salah satu siswa kelas XII TPM mengatakan, dengan mengikuti latihan secara rutin yang diselenggarakan sekolah, akan dapat mencapai target bisa lulus tes masuk TNI setelah lulus dari sekolah kelak.

Hasil penilaian sementara dapat disimpulkan bahwa rata-rata peserta tes belum  mencapai nilai dengan standar kelulusan, namun ada juga beberapa siswa yang menjalani tes garjas kali ini sudah mendekati standar kelulusan. Diharapkan para siswa ini akan semakin rajin berlatih baik dirumah atau di sekolah sesuai jadwal latihan.

Selama pelaksanaan tes garjas, Kepala Sekolah SMK KAL -1 Letkol Laut (KH) Drs Ambar Kristiyanto didampingi Waka Kesiswaan dan Humas Munawar, S.Pd , guru PJOK Imam, Koordinator ekstrakurikuler Agus Kristanto, ST, turut mendampingi siswa di lapangan Dewaruci Kodiklatal tempat pelaksanaan tes garjas berlangsung. (ARMAN R)

Berita Terkait