Jumat, 04 Desember 2020 | 02:44:59 WIB

Jujur Soroti Hal-hal Mendasar dan Siap Benahi Kabupaten Halbar

Selasa, 20 Oktober 2020 | 18:47 WIB
Jujur Soroti Hal-hal Mendasar dan Siap Benahi Kabupaten Halbar

Calon Bupati Halbar James Uang saat menyampaikan orasi poliknya di kecamatan Ibu Selatan, Selasa (20/10/2020). (Foto: JU/Lindo)

HALBAR, LINDO - Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Barat (Halbar) James Uang dan Djufri Muhammad (Jujur) melakukan kampanye terbuka di desa Togerebatua, kecamatan Tabaru, dan desa Gamsungi, kecamatan Ibu Selatan, kabupaten Halbar.

Dalam orasi politiknya James Uang (JU) mengatakan bahwa paslon Jujur siap benahi hal-hal yang paling mendasar, yaitu yang pertama adalah, soal birokrasi yang hingga kini belum tersentuh.

"Yang namanya reformasi birokrasi masih banyak penempatan pejabat yang tidak sesuai besiknya," kata JU dihadapan relawan dan simpatisannya.

Kedua, kata dia, adalah masalah keuangan daerah yang hingga kini telah mengisahkan utang sebesar 250 miliar. Makanya kedepàn kata dia harus benar-benar di sehatkan lagi.

"Pemda Halbar ini kalau ibarat perusahaan sudah kolaps, alias gulung tikar. Jadi kedepan jika Jujur terpilih maka kita akan minta BPK RI untuk

melakukan audit sehingga perlu di pilahkan utangnya yang terjadi. Jika itu murni defisit maka siapapun bupati harus bayar. Jika

utang itu karna ada dugaan penyalagunaan keuangan rakyat, maka harus di bawah ke ranah hukum. Audit itu tujuannya agar pemerintahaan baru tidak melangkah di atas pece, kita harus  bersihkan dulu," jelasnya.

Soal pemberdayaan ekonomi rakyat, JU menilai pemerintah sebelumnya tidak pernah merealisasikan hal itu dan ekonomi rakyat tidak nampak sama sekali.

"Saya lihat pemberdayaan ekonomi rakyat di kabupaten ini tidak ada yang tumbuh berkembang. Semua mati total, dan tidak ada perubahan yang berarti bagi masyarakat Halbar," ujarnya.

Sementara soal pelayanan kesehatan dan pelayanan pendidikan di kabupaten Halbar, JU juga ikut menyoroti hal itu.

Sedangkan penataan Jailolo sebagai Ibu Kota Kabupaten, JU juga ikut prihatin dengan kondisi yang ada.

"Intinya saya atas nama putra daerah sangat prihatin dengan kondisi yang ada, dan apabila jika Jujur terpilih maka semua itu akan kami benahi dengan setulus hati. Kami siap berama rakyat membenahi kabupaten ini dengan tangan-tangan profesional," tutur JU yang disambut dengan tepuk tangan para pendukungnya.

ALDY M

Berita Terkait