Selasa, 26 Januari 2021 | 19:47:27 WIB

IKSAN, Sangsi Ringan Atau Pecat Atas Pelanggaran 4 Pejabat Halut Tergantung KASN

Selasa, 20 Oktober 2020 | 23:50 WIB
IKSAN, Sangsi Ringan Atau Pecat Atas Pelanggaran 4 Pejabat Halut Tergantung KASN

Foto Iksan Hamiru Kordiv Hukum Dan Penindakan Pelanggaran Pemilu Bawaslu Kabupaten Halut

LINDO HALUT - Rekomendasi pelanggaran Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) bagi empat orang pejabat di jajaran Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Halmahera Utara sudah dilayangkan ke pihak Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

 

Hal ini dibenarkan oleh Iksan Hamiru,S.AP Kordiv Hukum dan Penindakan Pelanggaran Pemilu Bawaslu Kabupaten Halmahera Utara menyampaikan bahwa, Rekomendasi Pelanggaran pada Pemilihan Kepala (Pilkada) 2020 ini bagi 4 (empat) orang pejabat dilingkup Pemda Halut telah dilayangkan sejak jumat kemarin (16/10) ke pihak KASN," jelas Iksan kepada awak media ini Selasa (20/10/2020). 

Menurut dia, pelanggaran yang dilakukan oleh oknum pejabat atau ASN tersebut diantaranya Camat Galela (MK), Camat Tobelo Utara (HH), Kabag Hukum (HD) dan Kadis Kominfo Pemda Halut (DT)," terangnya. 

Selanjutnya kata Iksan,  pelanggaran jelasnya sudah melanggar aturan terkait dengan Netralitas ASN yang diatur oleh UU nomor 10 tahun 2016, Kesepakatan antara Bawaslu Kabupaten bersama KASN, Permendagri, UU tahun 2014 tentang ASN dan Permen nomor 3 serta PP 42, yang mengatur tentang ketika ada momen Politik dilarang ASN, posting like dan sejenis yel yel pakai atribut bagi salah satu paslon tersebut, itu dilarang keras oleh aturan," tegas Iksan. 

Selain itu kata Iksan, bagi 4 ASN tersebut itu sudah lakukan pelanggaran bukan dugaan lagi,  karena sudah melalui tahapan penyilidakan maka sudah dinyatakan pelanggaran, oleh karena itu keputusan selanjutnya bagi mereka itu, adalah rananya KASN, baik itu keputusan sangsi ringan, berat maupun sampai sangsi pemecatan, itu semua ada ditangan KASN," ungkapnya. 

Sehingga sampai sejau ini belum ada jawaban dari KASN terkait dengan Rekomdasi tersebut namun tetapi kami pihak Bawaslu Kabupaten Halut tetap lakukan komunikasi dan kroscek atas kepetusan KASN, yang nanti hasilnya dari KASN sendiri yang mengirim langsung ke Bupati kami hanya menerima tembusan atau pemeberitahuan, " ucap iksan. 

Kemudian kata ia, kita menunggu hasil dari KASN saja, seperti apa keputusan dari mereka " ya kita patut dan wajib menerima sesuai dengan pelanggaran yang telah dilakukan bagi 4 ASN tersebut," tutupnya.   ( jef )

 

 

 

Berita Terkait