Rabu, 02 Desember 2020 | 01:15:36 WIB

Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Satgas Pamtas Yonif 642 Berikan Bantuan Al-Quran dan Doa Bersama

Jum'at, 30 Oktober 2020 | 06:50 WIB
Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Satgas Pamtas Yonif 642 Berikan Bantuan Al-Quran dan Doa Bersama

(Sambas-Kalbar). Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H / 2020 M, Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas memberikan bantuan kitab suci Al-Quran kepada Masjid Al-Ikhlas, Kampung Trans, Dusun Sebunga, Kec. Sajingan Besar, Kab. Sambas, Kalbar, Kamis (29/10/2020).

 

Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas Letkol Inf Alim Mustofa mengatakan bahwa penyerahan Al-Quran dilakukan oleh tiga orang personel Satgas Pos Berjongkong yang diwakili Pratu Purwadi dan diterima langsung oleh Bapak Salwah selaku Pengurus Masjid dan Ketua RT setempat.

 

“Kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya TNI, khususnya Satgas Yonif 642/Kapuas untuk menjalin silaturahmi yang baik dengan masyarakat perbatasan melalui momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H / 2020 M,” ujarnya.

 

Disamping tugas melaksanakan pengamanan perbatasan, kegiatan yang termasuk dalam pembinaan teritorial ini juga merupakan salah satu upaya pendekatan kepada masyarakat di perbatasan. “Keberhasilan dalam penugasan di perbatasan ini dapat diraih, salah satunya dengan meninggalkan kesan yang baik di mata masyarakat,” kata Dansatgas.

 

Bapak Salwah mengucapkan terima kasih kepada Satgas Yonif 642/Kapuas atas kepeduliannya memberikan bantuan Al-Quran untuk mendukung kegiatan mengaji. “Mudah-mudahan ini dapat bermanfaat dan kebaikan Bapak-bapak sekalian dibalas oleh Allah SWT,” ucapnya.

 

Pada hari yang sama, Satgas Yonif 642/Kapuas juga mengadakan kegiatan yasinan dan doa bersama masyarakat perbatasan di Pos Pamtas Sungai Tegah, Desa Sebubus, Kec. Paloh, Kab. Sambas. Kegiatan diawali dengan kata sambutan dari Danpos Sungai Tengah Sertu Didik dilanjutkan pembacaan Surat Yasin serta doa dan diakhiri dengan makan bersama.

 

Dansatgas Letkol Inf Alim Mustofa mengatakan bahwa selain yasinan dan doa bersama untuk keselamatan dan kemudahan tugas-tugas Satgas Yonif 642/Kapuas, serta berharap masa pandemi Covid-19 ini semoga cepat berakhir. “Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini juga bertujuan sebagai ajang memperbaiki diri agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi,” ucapnya.

 

Menurutnya, kegiatan ini berguna untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan dalam pengabdian sebagai prajurit TNI yang memegang teguh nilai-nilai Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI.

 

Dansatgas juga menegaskan, seluruh personel Satgas wajib menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat dan peduli dengan masyarakat sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

 

Kegiatan yasinan dan doa bersama dihadiri pula oleh Kepala Dusun Sungai Tengah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Ketua RT dan RW Desa Sebubus. (Bdr).

Berita Terkait