Jumat, 23 April 2021 | 08:13:22 WIB

BKK SMK KAL-1 Pererat Sinergitas Dengan Disnaker Kota Surabaya

Selasa, 24 November 2020 | 14:27 WIB
BKK SMK KAL-1 Pererat Sinergitas Dengan Disnaker Kota Surabaya

(FOTO : YHT/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut (SMK KAL-1) menerima kunjungan Ketut Wirarmi, S.E dan Novia Putri Pertiwi , S.Si dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Surabaya yang diterima oleh Kepala Sekolah Letkol Laut (KH) Drs. Ambar Kristiyanto, M.Si, Senin (23/11/20).

Dalam perjumpaan tersebut, Kepala SMK KAL-1 di dampingi Karno Setyo Budi, S.Pd., MM., M.Pd selaku Waka Sarpras dan IT, Munawar, S.Pd selaku Waka Kesiswaan dan Humas serta Kasi Humas Leily Novitaningrum, S.Si., M.Si. Apa yang disampaikan dari kedua belah pihak adalah bagaimana kedepan Bursa Kerja Khusus (BKK) ini dapat menyalurkan/menfasilitasi alumni SMK KAL-1 menuju ke dunia usaha dan dunia industri.

Peran BKK di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri dan Swasta, sebagai unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran dan penempatan tenaga kerja, merupakan mitra Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Disamping itu, BKK memiliki kemampuan mengembangkan inovasi untuk mempengaruhi perubahan kebutuhan pasar sehingga dapat mewujudkan kepuasan pencari kerja. BKK SMK merupakan salah satu komponen penting dalam mengukur keberhasilan pendidikan di SMK.

Karena BKK menjadi lembaga yang berperan mengoptimalkan penyaluran tamatan SMK dan sumber informasi untuk pencari kerja. Pemberdayaan BKK SMK merupakan salah satu fungsi dalam manajemen sekolah yaitu sebagai bagian pembinaan terhadap proses pelaksanaan kegiatan BKK SMK yang telah direncanakan dalam upaya mencapai tujuan pendidikan SMK. 

BKK SMK merupakan salah satu komponen pelaksanaan pendidikan sistem ganda, karena tidak mungkin bisa dilaksanakan proses pembelajaran yang mengarah kepada kompetensi jika tidak ada pasangan industri/usaha kerja, sebagai lingkungan kerja dimana siswa belajar keahlian dan profesional serta etos kerja sesuai dengan tuntutan dunia kerja.

Selama berada di SMK KAL-1, kedua tamu kehormatan tersebut meninjau sarana dan prasarana BKK, administrasi BKK, kedepan tentunya dengan adanya peninjahuan tersebut apa kendala dan kekurangan  yang ditemukan bisa diperbaiki.

Namun dari keduanya menyimpulkan, bahwa BKK SMK KAL-1 Surabaya sudah bagus, terlihat dari attention yang di berikan Kepala Sekolah dan semua jajarannya yang sangat mendukung program Kementerian yang di atur dalam Permenaker No. 39 Tahun 2016  tentang pembentukan Bursa Kerja Khusus di SMK KAL-1. 

Pembentukan BKK di SMK KAL-1 sendiri bertujuan untuk menyalurkan alumninya untuk mendapatkan pekerjaan. Dengan terbentuknya BKK di SMK KAL-1 diharapkan penyaluran tenaga kerja khususnya untuk Alumni semakin banyak terserap, dari segi sarana dan prasarananya sudah bagus, bisa dipertahankan, untuk kedepannya bisa ditingkatlan lagi terlebih aktif pada program - program BKK. (ARMAN R)

Berita Terkait