Senin, 18 Januari 2021 | 14:27:29 WIB

Danramil 05/Tanah Abang Hadiri Simulasi Kampung Tangguh Bencana Kota Administrasi Jakpus

Rabu, 2 Desember 2020 | 21:34 WIB
Danramil 05/Tanah Abang Hadiri Simulasi Kampung Tangguh Bencana Kota Administrasi Jakpus

(FOTO : KODIM0501/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Komandan Koramil (Danramil) 05/Tanah Abang (TA) Kodim 0501/Jakarta Pusat (JP) BS Mayor Arh Saryono berserta Babinsa Kelurahan Karet Tengsin, menghadiri Gladi Lapang/Simulasi Kampung Tangguh Bencana Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus), Rabu (2/12/20).

Kegiatan yang berlangsung di Lapangan STU RW 05, Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang ini, diikuti oleh seluruh jajaran Kecamatan dan kelurahan Tanah Abang, termasuk Koramil 05/TA,  pihak kepolisian, tiga pilar serta warga.  

Dikesempatan itu, Danramil 05/TA Mayor Arh Saryono berharap, pembentukan kampung tangguh di wilayah binaan dapat mensinergikan semua elemen kemasyarakat mengantisipasi bahaya bencana yang nantinya akan terjadi.  

"Dengan digelarnya kegiatan ini, masyarakat serta elemen lainnya memiliki ketanguhan terhadap bencana. Masyarakat diwilayah binaan diharapkan memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisasikan sumber daya masyarakatnya untuk mengurangi kerentanan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana," kata Mayor Arh Saryono.

Hal yang sama juga dikatakan Plh Walikota Jakpus Irwandi. Menurutnya, kegiatan ini mengarahkan masyarakat terkait untuk tanggap dan tangguh menghadapi bencana banjir dan tidak lupa Protap Protokol Kesehatan Covid -19 dengan 3-M dan selalu berdoa.

"Agar tetap laksanakan sinergitas tiga pilar di tingkat Kota sampai tingkat Kelurahan, karena ini tugas kita semua untuk penanganan menghadapi  banjir di Jakpus. Kesadaran untuk kebersihan di lingkungan masing masibg warga  tidak kalah penting sebagai pencegahan awal," ujar Irwandi. 

Diketahui kampung tangguh merupakan program nasional yang bertujuan memberdayakan masyarakat serta aparat lainnya untuk mampu secara mandiri mengendalikan berbagai risiko bencana yang dihadapi. (ARMAN R)

Berita Terkait