Sabtu, 17 April 2021 | 00:52:57 WIB

Ogah Bayar Hutang, Kuasa Hukum HPR Minta Majelis Hakim Panggil Dalton Ichiro

Selasa, 8 Desember 2020 | 06:12 WIB
Ogah Bayar Hutang, Kuasa Hukum HPR Minta Majelis Hakim Panggil Dalton Ichiro

Hartono Tanuwidjaja SH MSi MH CBL.(FOTO : ARMAN/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Kuasa hukum HPR, Hartono Tanuwidjaja SH MSi MH CBL, meminta kepada majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan (Jaksel), agar menetapkan Aanmaning atau perringatan/teguran kepada Dalton Ichiro Tanonaka dan atau PT Melia Media Internasional.

Permintaan teguran maupun peringatan terkait amar putusan dalam perkara Kasasi sesuai putusan nomor: 3272 K/Pdt/2017 tanggal 11 Januari 2018 Jo putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta nomor: 106/PDT/2017/PT.DKI tanggal 20 April 2017 Jo putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan nomor: 395/PDT.G/2015/PN.JKT.Sel tanggal 31 Maret 2015.

Dalam amar putusan Kasasi disebutkan, bahwa majelis hakim menolak permohonan Kasasi yang diajukan Dalton Ichiro mantan pembawa acara televisi nasional.

“Memperbaiki putusan Pengadilan Tinggi Jakarta, putusan nomor: 106/PDT/2017/PT DKI tanggal 20 April 2017 juncto putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan nomo: 395/PDT.G/PN.JKT.Sel tanggal 31 Maret 2016. Dalam konvensi mengabulkan gugatan Penggugat Konvensi untuk sebagian. Menyatakan Para Tergugat telah terbukti melakukan perbuatan ingkar janji (Wanprestasi) terhadap Penggugat,” ujar Hartono mengutip hasil putusan majelis hakim, Senin (7/12/20) sebagaimana dilansir Lindo dari Sketsindo.com.

Selain itu lanjutnya, majelis hakim menghukum para Tergugat secara tanggung renteng. Untuk mengembalikan dana investasi yang pernah disetorkan Penggugat (HPR) kepada Dalton sebagai Tergugat sebesar USD 500.000. Dan menurut Hartono, telah dibayarkan dalam bentuk mata uang Rupiah sesuai kurs yang diterbitkan Bank Indonesia (BI).

Hartono menyebutkan isi pasal 196 HIR Perdata, “Jika pihak yang dikalahkan tidak mau atau lalai untuk memenuhi isi keputusan itu dengan damai, maka pihak yang menang memasukan permintaan baik dengan lisan maupun surat kepada Ketua Pengadilan Negeri yang tersebut pada ayat pertama Pasal 195 HIR. Untuk menjalankan itu ketua menyuruh, memanggil pihak yang dikalahkan itu serta memperingatkan supaya ia mememuhi keputusan itu didalam tempo yang ditentukan oleh ketua yang selama-lamanya delapan hari”.

Oleh karena ituz ia mengemukakan sebagai pihak yang menang agar Ketua PN Jaksel segera memanggil Dalton Ichiro Tanonaka dan/atau PT Melia Media Internasional dalam waktu delapan hari.

“Maka berdasarkan hal tersebut agar kira berkenan mengabulkan permohonan kami,” pintanya. (ARMAN R/SKETSINDO.COM)

Berita Terkait