Senin, 08 Maret 2021 | 07:14:23 WIB

Kenang Pertempuran LAUT Arafuru, Prajurit Lantamal X Jayapura Gelar Tabur Bunga Di TMP Kusuma Trikora

Jum'at, 15 Januari 2021 | 09:30 WIB
Kenang Pertempuran LAUT Arafuru, Prajurit Lantamal X Jayapura Gelar Tabur Bunga Di TMP Kusuma Trikora

(FOTO : DISPENLANTAMALX/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Dalam rangka pemperingati Hari Dharma Samudera yang jatuh pada 15 Januari 2021, Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) X Jayapura Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., beserta segenap prajurit Lantamal X, mengadakan ziarah tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Trikora Waena, Kota Jayapura, Papua, Kamis (14/1/21).

Ziarah ini merupakan bentuk penghargaan dan penghormatan kepada para pahlawan bangsa yang gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia dari penjajahan Belanda. 

Khususnya mengenang peristiwa Pertempuran Laut Arafuru, 59 tahun silam, tepatnya 15 Januari 1962 yang diperingati sebagai Hari Dharma Samudera. Dimana dalam peristiwa heroik saat merebut kembali Irian Barat kepangkuan Ibu Pertiwi, telah gugur Komodor Yos Soedarso beserta tenggelamnya RI Matjan Tutul saat menghadapi barikade kapal perang Belanda 

Tujuan dilaksanakannya upacara tabur bunga ini, untuk mewarisi semangat perjuangan dan pengorbanan Komodor Yos Soedarso kepada seluruh prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), khususnya personel Lantamal X dalam pengabdiannya demi Kejayaan TNI AL, TNI, bangsa dan negara.

Kegiatan yang diikuti oleh perwakilan personel Mako Lantamal X, Satrol Lantamal X dan Yonmarhanlan X ini juga dihadiri para Asisten Danlantamal X dan Kasatker Lantamal X, Ketua dan Wakil Ketua beserta pengurus Korcab X DJA III. (ARMAN R)

Berita Terkait