Senin, 08 Maret 2021 | 23:28:55 WIB

Pasis Dikreg Seskoal Angkatan Ke-59 Ikuti Pelatihan LMS

Minggu, 17 Januari 2021 | 20:07 WIB
Pasis Dikreg Seskoal Angkatan Ke-59 Ikuti Pelatihan LMS

(FOTO : BAGPENSESKOAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-59 TA 2021, mengikuti pelatihan Learning Management System (LMS) yang dipandu oleh tim dari Dinas Informasi dan Pengolahan Data Angkatan Laut (Disinfolahtal) Markas Besar TNI Angkatan Laut (Mabesal) yang dipimpin oleh Kasi Harsiops Disinfolahtal Kolonel Laut (E) Suginta Ginting, S.Kom., MMSI., di Kelas A dan Kelas B Gedung R.E. Martadinata Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Sabtu (16/1/21).
 
Pelatihan yang tetap menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 dengan physical distancing dan menggunakan masker, turut didampingi oleh Direktur Pengkajian Pengembangan Pendidikan (Dirjianbangdik) Seskoal Kolonel Laut (P) Eka Prabawa, S.E., Kepala Bagian Informasi dan Pengolahan Data (Kabaginfolahta) Seskoal Letkol Laut (E) Dominggus Bakka, S.T., M.T dan Wakil Komandan Korps Siswa (Wadan Korsis) Seskoal Letkol Laut (P) M.B. Pandjaitan, S.E., M.Tr.Opsla.

Tak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi digital mampu memberikan perubahan yang cukup signifikan dalam berbagai sektor kehidupan. Selain bidang komunikasi dan hiburan, salah satu contoh nyata bisa kita temukan dalam dunia pendidikan. 

Salah satu manfaat yang paling terasa dengan adanya teknologi Learning Management System (LMS) adalah proses distribusi materi pembelajaran yang jauh lebih cepat. Kini, para pasis bisa lebih mudah untuk mendapatkan berbagai materi pelatihan, latihan soal, dan materi pembelajaran lainnya melalui e-book yang telah di upload oleh lembaga. 

Tidak sampai disitu, teknologi Learning Management System (LMS) bahkan kini sudah bisa menjalankan ujian secara online, evaluasi dan penilaian bagi dosen, tenaga kependidikan oleh pasis secara professional tanpa adanya tekanan. 

Bahkan LMS mulai digabungkan dengan situs-situs informasi, majalah, ataupun surat kabar. Isinya juga semakin kaya dengan perpaduan multimedia, video streaming, serta tampilan interaktif dalam berbagai pilihan format data. 

Selaku penyelenggaran pelatihan ini, Dirjianbangdik Seskoal Kolonel Laut (P) Eka Prabawa, S.E mengatakan, dalam pelatihan ini para Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-59 TA.2021 menerima penjelasan materi dan dipraktekan secara langsung, antara lain Pengenalan Aplikasi E-Learning TNI AL, Cara Login dan Pengisian User Name beserta Password, Mempelajari isi dari menu E-Learning (Beranda, Jadwal, Nilai Siswa, Kelas, Ujian, Tugas, Penilaian dosen).

Melihat perkembangan Learning Management System (LMS) dari masa ke masa yang terus berkembang mengikuti perkembangan teknologi dengan efektivitas dan fleksibilitas yang dimiliki, maka penggunaan Aplikasi LMS di Seskoal sebagai institusi pendidikan di TNI AL menjadi sebuah tuntutan yang tidak bisa ditunda lagi. 

Learning Management System (LMS) merupakan perangkat lunak sebagai sarana pembelajaran jarak jauh secara virtual yang dapat dilakukan tanpa harus saling bertatap muka antara pasis dengan dosen maupun tenaga pendidik. Terlebih di tengah pandemi covid-19 ini, yang mengedepankan protokol kesehatan dengan menjaga jarak. Maka Learning Management System (LMS) memang sangat diandalkan. Karena dapat mempermudah dosen dan tenaga pendidik melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara virtual. Sistem E-Learning ini juga merupakan pembelajaran elektronik dalam sebuah bentuk teknologi informasi yang diterapkan dibidang Pendidikan berupa website yang dapat diakses dimana saja dan dengan waktu bebas kapan saja. 

Pada tahun 2020 lalu, Seskoal telah meraih predikat yang sangat membanggakan yang merupakan idaman seluruh instansi pemerintah dan dambaan seluruh lembaga pendidikan dengan diraihnya Program Studi (Prodi) Strategi Operasi Laut mendapatkan penilaian Akreditasi A dan Wilayah Bebas Korupsi (WBK). 

Hal tersebut diatas didapat Seskoal salah satunya dengan diterapkannya penggunaan Aplikasi Learning Management System (LMS) kepada pasis dikreg yang melaksanakan pendidikan di Seskoal.

“Jadi, setelah pelatihan ini para pasis diharapkan dapat meningkatkan sistem pembelajarannya sehingga kedepannya akan lebih baik lagi baik bagi Seskoal sebagai lembaga pendidikan maupun pasis yang melaksanakan pendidikan,” ujar Dirjianbangdik Seskoal Seskoal Kolonel Laut (P) Eka Prabawa. 

Kegiatan ini selaras dengan Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL yang unggul. (ARMAN R)

Berita Terkait