Senin, 08 Maret 2021 | 07:00:56 WIB

TNI AL Berangkatkan KRI Teluk Cirebon-543 Bawa Bahan Bantuan Ke Sulbar

Rabu, 20 Januari 2021 | 14:59 WIB
TNI AL Berangkatkan KRI Teluk Cirebon-543 Bawa Bahan Bantuan Ke Sulbar

(FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) kembali mengirim kapal perangnya, kali ini KRI Teluk Cirebon (TCN)-543 jajaran Satuan Kapal Amfibi (Satfib) Komando Armada I (Koarmada I), membawa bahan bantuan untuk korban bencana gempa Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar).

Pemberangkatan KRI TCN - 543 pada pagi ini dilepas Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksda TNI Irvansyah, SH., CHRMP., M.Tr (Opsla)., di dermaga beaching, Markas Komando Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (20/1/21).

Kolinlamil sebagai koordinator wilayah Jakarta ditunjuk langsung Kepala Staf Angkatan Laut  (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., untuk menyalurkan bantuan dari instansi dan masyarakat yang terkumpul di Posko-Posko Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) untuk didistribusikan kepada masyarakat yang terdampak bencana alam di Mamuju dan sekitarnya. 

Pada kesempatan tersebut, Pangkolinlamil menyampaikan ucapan rasa terima kasihnya kepada para donatur yang telah membantu memberikan sumbangan berupa berbagai macam kebutuhan sandang dan pangan untuk korban bencana melalui TNI AL.

“Sesuai instruksi Kepala Staf Angkatan Laut, unsur-unsur KRI TNI AL akan terus melaksanakan dukungan operasi kemanusiaan dalam rangka membantu korban bencana alam yang merupakan implementasi dari tugas-tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) TNI yaitu membantu pemerintah yang bersinergi dengan segenap komponen masyarakat melalui kegiatan TNI AL peduli Mamuju dan Banjarmasin," kata Laksda TNI Irvansyah.

Penyaluran bantuan kemanusiaan dibawah koordinasi Kolinlamil tersebut lanjutnya, telah terhimpun melalui Posko TNI AL Peduli Mamuju yang terdiri dari paket sembako, beras, air mineral, minyak goreng, obat-obatan, susu, makanan bayi, perlengkapan bayi (pupuk), tenda darurat, perlengkapan wanita (pembalut dan jilbab), perlengkapan kasur dan bantal guling, kain sarung serta masker.

Sebelum melaksanakan pelepasan tali tross tanda pemberangkatan KRI TCN - 543 ke daerah bencana, Pangkolinlamil secara simbolis menerima bantuan dari perwakilan pihak donatur mitra TNI AL yang selanjutnya diserahkan kepada Komandan KRI TCN - 543, Letkol Laut (P) Riskal Fadlul Kamal, S.E., M. Tr. Hanla. (ARMAN R)

Berita Terkait