Senin, 08 Maret 2021 | 06:12:21 WIB

TNI AL Laksanakan Pelayanan Kesehatan Korban Banjir Kalsel

Jum'at, 22 Januari 2021 | 15:32 WIB
TNI AL Laksanakan Pelayanan Kesehatan Korban Banjir Kalsel

(FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) melaksanakan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) pelayanan kesehatan bagi masyarakat terdampak banjir Kalimantan Selatan (Kalsel) bekerja sama dengan Puskesmas Sungai Tabuk, Forum Komunikasi Dokter, Dokter Gigi Puskesmas Banjarmasin serta melibatkan mahasiswa, dengan mendatangi rumah korban, menggunakan perahu karet, di Desa Pemakuan dan Desa Pejambuan, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Kalsel, Jumat (22/1/21).

Pelaksanaan pelayanan kesehatan ini sesuai perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., agar kehadiran prajurit-prajurit TNI AL harus mempunyai dampak positif di tengah-tengah masyarakat dimanapun berada.

Pada hari ke tujuh pasca bencana banjir yang melanda Provinsi Kalsel ini, Tim Satuan Tugas (Satgas) Kesehatan telah memberikan layanan kesehatan door to door kepada masyarakat yang terdampak banjir. Pelayanan Kesehatan yang diberikan yakni pelayanan kesehatan umum, gigi serta Ibu dan anak.

Kepala Tim Kesehatan Mayor Laut (K/W) dr. Meutia Indra Sakti yang merupakan dokter Lanal Banjarmasin mengatakan, Tim Kesehatan juga turun langsung ke berbagai tempat yang sulit dijangkau karena akses yang terputus dan tidak dapat dijangkau, sehingga tim menggunakan perahu karet untuk mendatangi posko pengungsian dan rumah masyarakat yang bertahan tidak mengungsi untuk memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan.

Kebanyakan masyarakat menderita penyakit seperti sakit ispa, rematik, gatal - gatal, demam, sakit kepala, luka karan diabetes, sakit gigi dan diare. Selain itu bantuan sosial yang diberikan berupa pengobatan, pemberian obat-obatan, masker, makanan bayi dan balita. (ARMAN R)

 

Berita Terkait