Jumat, 07 Mei 2021 | 08:35:01 WIB

HIPPMADEL dan AMDAL Siap Kawal Kinerja Pemdes Lata-lata 5 Tahun Kedepan

Senin, 25 Januari 2021 | 01:59 WIB
HIPPMADEL dan AMDAL Siap Kawal Kinerja Pemdes Lata-lata 5 Tahun Kedepan

Pertemuan warga dengan pemerintah desa Lata-lata Pjs kades Etus Maici pada Senin (18/01/2021). (Foto:Hasan/Lindo)

HALSEL, LINDO - Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Desa Lata-lata (HIPPMADEL) dan Aliansi Masyarakat Desa Lata-lata (AMDAL) menyatakan sikap siap mengawal dan siap megamankan seluruh program dan kebijakan pemerintahan desa yang baru.

Demikian hal itu ditegaskan oleh Ketua AMDAL Hasan Maici usai bertemu Kadis DPMD kabupaten Halsel di Labuha, Halsel, Kamis (21/01/2021) siang.

Dalam keterangannya, Hasan mengatakan bahwa usai sosialisasi Surat Keputusan (SK) bupati Halsel terkait pengangkatan pejabat baru kepala desa Lata-lata beberapa waktu lalu, itu menunjukkan bahwa saat ini sudara Abdul Malik Gama sudah tidak lagi menjabat sebagai kades devinitif di desa Lata-lata. Maka dari itu, pemerintah desa Lata-lata yang baru dibawah pimpinan Pjs Etus Maici perlu di sport agar kinerjanya bisa tercapai dan berjalan sesuai harapan masyarakat.

"Kalau sudah ada pemerintahan desa yang baru, maka kita semua harus bahu membahu untuk mendukung kinerja pejabat, agar masyarakat di desa Lata-lata rasa terlayani dan merasa ada pembangunan di desa itu. Saya yakin dan percaya bahwa ditahun kedepan nanti desa Lata-lata akan ada perubahan yang signifikan dibawah pimpinan bapak Etus Maici," kata Hasan pada wartawan.

Lebih lanjut Hasan menegaskan bahwa pada saat sosialisasi tentang SK dan posisi kepala desa yang baru di Lata-lata, masyarakat semua merasa senang dan punya harapan yang besar pada pejabat baru. Warga semua menginginkan agar kedepan nanti desa Lata-lata bisa ada perubahan yang signifikan.


"Dalam rapat di balai desa Lata-lata, warga semua punya harapan penuh pada pejabat baru, agar kedepan nanti Pjs dan perangkatnya bisa melihat desa mereka. Termasuk soal pembangunan desa dan meningkatkan sumber daya manusianya," ujar Hasan.

Sementara ditempat yang berbeda, Ketua Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Desa Lata-lata (HIPPMADEL) Arnol Faici menegaskan bahwa mahasiswa Lata-lata pada prinsipnya siap mendukung kinerja pejabat kades dan programnya. Karena kebigunan warga selama ini soal transparansi pemerintah desa soal mengelola anggaran dana desa itu juga harus terbuka, termasuk keterlibatan warga soal program pemerintah desa harus diikutsertakan.

"Pada jaman kades Abdul Malik Gama, semua program diatur dan dikelola oleh pemerintah desa sendiri. Warga tidak pernah dilibatkan dalam seluruh program kegiatan pembangunan desa. Mungkin takut ketahuan korupsi sehingga warga juga tidak mau diajak dalam kegiatan dalam desa. Intinya, ditahun 2021 dan pemerintahan baru ini, pemerintah dan warga harus bersatu dan menyatu," tegas Arnol.

Dalam kesempatan itu, Arnol lebih berharap pada pemerintahan yang baru dibawah pimpinan saudara Etus Maici, jika nanti bisa merangkul semua elemen dalam desa, maka hal itu bisa meyejukan hati semua warga. Pemerintah harus dekat dan saling merangkul supaya hubungan yang dulu berjarak jauh, maka kali ini bisa bergandeng tangan kembali.

"Kalau warga dan pemerintah sudah saling bahu membahu untuk bergandeng tangan, maka saya yakin dan percaya kedepan nanti seluruh program yang sudah direncanakan oleh kedua belah pihak akan berjalan mulus," harapnya.

Diakhir keterangannya, Arnol menitip pesan pada semua warga Lata-lata, baik itu  pemerintah desa, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan seluruh tokoh pemuda serta pemudi yang ada di desa Lata-lata jangan ada lagi  bermusuhan diantara sesama warga, tetap jaga nilai-nilai agama, budaya dan adat istiadat di dalam desa.

"Kalau kita semua bisa menjaga kerukunan beragama, kerukunan persaudaraan, kerukunan kekeluargaan, maka mudah-mudahan kita semua akan selamat dan akan maju dalam desa ini. Sekali lagi saya titip pesan pada semua  warga, khususnya para pemuda dan pemudi di desa Lata-lata tetap bersatu untuk sama-sama ikut peduli dalam pembangunan pada desa kita sendiri. Kita harus maju dan kita harus buktikan pada semua orang bahwa pemuda dan pemudi desa Lata-lata juga punya andil dalam perjuangan memajukan desa kita," tuturnya.

ALDY M

Berita Terkait