Kamis, 25 Februari 2021 | 08:36:24 WIB

Dandim 1501/Ternate meminta kepada jajaran Koramil petakan wilayah rawan bencana

Senin, 25 Januari 2021 | 18:54 WIB
Dandim 1501/Ternate meminta kepada jajaran Koramil petakan wilayah rawan bencana

 


LINDO TERNATE– Antisipasi resiko bencana sertaan di musim hujan, dan siklus bencana tahunan. Komandan Kodim 1501/Ternate menginstruksikan seluruh jajajaran koramil di Halbar dan Ternate untuk memetakan desa/kelurahan rawan bencana di wilayah tugas masing-masing. Hal itu dilakukan agar penanganan bencana bisa dipersiapkan sedini mungkin

Hal itu ditekankan Komandan Kodim 1501/Ternate Letkol Inf R Moch Iskandarmanto,SE Senin (25/01/2021) saat apel pagi di Makodim Ternate.

Tugas itu diminta lantaran saat ini tengah memasuki musim penghujan, di mana potensi bencana di Kabupaten Halbar dan Ternate memiliki tingkat kerawanan besar dan kompleks. Baik gelombang tinggi, banjir, longsor dan Gunung Meletus. Hal itu tak lepas dari kondisi geografis Ternate dan Halbar yang rentan dengan bencana alam

“Jajaran Koramil, mulai dari Koramil 01 sampai dengan Koramil 07, telah kami perintahkan untuk memetakan titik mana saja yang kemungkinan rawan. Mulai hari ini hingga kedepan. Sehingga nanti kami bisa menentukan prioritas mana yang menjadi pusat perbantuan kita,” tegas Iskandarmanto.

Ia menegaskan, secara umum, jajarannya siap mendukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halbar dan Kota Ternate dalam penanganan bencana, baik sebelum bencana, saat terjadi bencana maupun pemulihan paska bencana. Dari segi personel hingga peralatan secara keseluruhan sudah siap diterjunkan sewaktu-waktu bila mana terjadi bencana. “Secara kualitas maupun kuantitas personel dan peralatan sudah siap,” ucap Dandim.

Lebih lanjut, Iskandarmanto menuturkan jika peranan TNI sebenarnya sudah dari tahap perencanaan sudah bisa memetakan tempat rawan-rawan mana yang rawan bencana. Sehingga kekuatan inti dari prajurit bisa ditempatkan di titik mana saat terjadi bencana, sudah bisa dipersiapkan. Saat terjadi bencana, personel TNI siap ditempatkan di manapun. Baik di tempat pengungsian, membantu droping logistik hingga membantu proses rehabilitasi. ( jo )

Berita Terkait