Jumat, 23 April 2021 | 06:16:02 WIB

Dubes Spanyol Tinjau Lokasi Sail Tidore dan Sejumlah Benteng di Ternate

Senin, 15 Februari 2021 | 21:55 WIB
Dubes Spanyol Tinjau Lokasi Sail Tidore dan Sejumlah Benteng di Ternate

Dubes Spanyol untuk Indonesia melakukan kunjungan ke Malut dalam rangka Sail Tidore 2021 dan melihat sejumlah tempat sejarah di Ternate, Malut, Senin (15/02/2021). (Foto: Ical/Lindo)

TERNATE, LINDO - Duta Besar (Dubes) Spanyol untuk Indonesia, Jose Maria Matres Manso didampingi Atase Keamanan dan Atase Bidang Perdagangan Spanyol, pada Senin (15/02/2021) pagi, meninjau lokasi persiapan pelaksanaan Sail  Tidore pada tahun 2021 nanti.

Dubes dan rombongan tiba di Ternate dan dijemput oleh Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba dan Sekretaris Daerah Maluku Utara Samsusdin Abd Kadir di Bandara Babullah Ternate.

Usai terima rombongan Dubes, Gubernur dan jajarannya langsung adakan pertemuan di kediaman Gubernur di Kelurahan Takoma, Ternate Tengah, yang dipimpin langsung oleh Sekda dan didampingi Kepala Dinas Pariwisata Tahmid Wahab, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan, dan Anggaran Daerah Ahmad Purbaja, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Imam Makhdy Hassan dan Kepala Biro Protokol, Kerjasama dan Komunikasi Publik Rahwan K. Suamba serta Bobato Kesultanan Ternate.

Dubes Spanyol  menjelaskan pada tanggal 27 Maret 2021 mendatang akan berlabuh kapal latih Spanyol, Juan Sebastian Elcano, di perairan antara Ternate dan Tidore. Kapal tersebut telah memulai pelayaran dari Spanyol sejak bulan Oktober 2020 lalu dan diprediksi akan tiba di Maluku Utara pada 27 Maret tahun ini.

"Ingin kami jelaskan bahwa pada sail Tidore nanti ada kapal latih dari Spanyol, Juan Sebastian Elcano, akan tiba pada bulan Oktober tahun ini, dan kapal tersebut berlabuh di perairan selat antara Ternate dan Tidore. Kapal tersebut sudah mulai berlayar dari Spanyol sejak bulan Oktober 2020 lalu dan akan tiba di Maluku Utara pada 27 Maret tahun ini," kata Dubes.

Lebih lanjut, Dubes Spanyol mengungkapkan bahwa perjalanan ini merupakan bentuk penguatan hubungan bangsa Spanyol dan Indonesia yang pernah terjadi sekitar 500 tahun yang lalu di Maluku Utara.

"Dalam kunjungan kami ini merupakan bentuk penguatan hubungan kami antara bangsa Spanyol dan bangsa Indonesia yang pernah terjadi sejak 500 tahun yang lalu di Maluku Utara," ujarnya.

Sementara itu, juru bicara Asis yang ikut mendampingi rombongan tersebut, menyampaikan bahwa, kunjungan Kedubes Spanyol beserta rombongan di Malut adalah melihat langsung lokasi Sail Tidore dan mengunjungi  beberapa peninggalan benteng jaman perang yang ada di Kota Ternate dan Kota Tidore.

"Jadi kunjungan Kedubes Spanyol di Tidore dan Ternate adalah beliau ingin sekali meninjau lokasi Sail Tidore. Sebenarny Dubes Spanyol juga ingin melihat sejumlah benteng yang lain, termasuk melihat  tempat bersejarah  yang ada di provinsi itu," tandasnya.

Asis mengungkapkan, sebagai juru bahasa dia diminta untuk mendampingi Kedubes serta rombongan untuk mengunjungi tempat sejarah yang lainnya.
 
"Besar harapan saya agar semua peninggalan yang berada di Maluku Utara umumnya agar segera di benahi, agar nanti ada tamu negara yang mau mengunjungi peninggalan bersejarah kami. Dalam pelayanan ini kami ingin memberikan pelayanan yang terbaik dan yang memuaskan pada tamu negara," tuturnya.

ICHAL

Berita Terkait