Minggu, 18 April 2021 | 00:56:25 WIB

Pemda Halbar Gelar STQ ke XXVI Tingkat Kabupaten Cukup Meriah

Selasa, 23 Februari 2021 | 08:11 WIB
Pemda Halbar Gelar STQ ke XXVI Tingkat Kabupaten Cukup Meriah

Suasana pembukaan STQ ke XXVI Tingkat Kabupaten Halbar yang digelar di desa Akelamo Cinga-cinga , kecamatan Jailolo Timur, kabupaten Halbar, Senin (22/02/2021) malam cukup meriah. (FOTO: AlDY/Lindo)

HALBAR, LINDO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat (Halbar) bersama Kantor Kementrian Agama dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ), secara resmi menggelar Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke XXVI, tingkat Kabupaten.

Kegiatan STQ ke XXVI yang dipusatkan di desa Akelamo Cinga-cinga, Kecamatan Jailolo Timur, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Senin (22/02/21) malam itu sangat meriah dan di hadiri Plh Bupati Halbar Syahril Abduradjak, Kakankemenag Halbar Hasbullah Tahir, Pengurus LPTQ Halbar, mewakili Forkopimda, unsur Forkopimcam, Perangkat SKPD Halbar, Camat Jailolo Timur, Tokoh Agama serta tokoh Masyarakat.

Ketua Panitia Syamsuri Madjid menyatakan, STQ kali ini adalah yang ke-26, dengan dua cabang mata lomba yaitu tilawatil qur’an untuk golongan anak dan dewasa serta cabang hifdzil qur’an dengan berbagai kategori Juz yang diperlombakan. Selain itu, STQ ke-26 ini diikuti oleh 8 kecamatan dengan jumlah peserta kurang lebih 70 orang serta 9 Dewan Hakim yang dibantu oleh dua panitera.

“Diharapkan dengan pelaksanaan STQ ini dapat melahirkan Qori dan Qori’ah yang baik dalam membaca dan menghafal Al-qur’an,” kata Kadis Sosial.

Di kesempatan yang sama Plh Bupati Halbar Syahril Abd Radjak yang juga Ketua LPTQ Halbar menyampaikan Pelaksanaan STQ ke-26 tingkat Kabupaten Halmahera Barat menjadi momentum penting dan memiliki peran yang sangat strategis baik dalam fungsinya untuk menjabarkan, mengembangkan serta mengimplementasikan pokok-pokok ajaran keagamaan yang fundamental dan hakiki yakni kitab suci Al-quran.

“STQ yang menjadi salah satu kegiatan LPTQ Halbar diharapkan akan lebih pro-aktif melakukan upaya menjaga kemurnian, kesucian dan kemuliaan kitab suci Al-qur’an,” ujarnya.

 

Sementara kegiatan itu digelar dengan menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19. Seluruh peserta undangan dan petugas yang terlibat dalam acara itu turut diperiksa suhu badannya serta memakai masker dan tetap menjaga jarak agar sesuai dengan protokol distancing fisik selama mengikuti kegiatan.

Selain itu sebagian besar peserta yang mengikuti acara itu tetap mengikuti standar protokol kesehatan.


TN/ALDY

Berita Terkait