Jumat, 23 April 2021 | 06:50:48 WIB

Prajurit Kodim 1501/Ternate Laksanakan Latihan Perorangan Jabatan

Kamis, 4 Maret 2021 | 18:23 WIB
Prajurit Kodim 1501/Ternate Laksanakan Latihan Perorangan Jabatan

Prajurit Kodim 1501/Ternate disaat acara pembukaan Latorjab. (Foto/Dok :Pendim 1501/Ternatr)

LINDO TERNATE - Prajurit Kodim 1501/Ternate melaksanakan Latihan Perorangan Jabatan (latorjab) Teritorial dan Intelijen, di Markas Komando Distrik Militer 1501/Ternate, Kamis (04/03/2021).

Latihan Perorangan Jabatan Teritorial dan Intelijen  diikuti oleh Prajurit Bintara dan Tamtama Kodim 1501/Ternate bertujuan untuk meningkatkan keterampilan perorangan sesuai dengan kepangkatan dan jabatan.

Latihan ini merupakan tahap untuk menguji keterampilan perorangan dari materi yang telah diperoleh dan dilatihkan pada setiap waktu dan kesempatan, diharapkan hasil yang dicapai dalam latihan tersebut, dapat digunakan sebagai acuan dan bahan evaluasi dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari.

"Latihan Perorangan Jabatan Teritorial dan Intelijen ini merupakan program latihan yang dilaksanakan setiap tahun, namun bukan berarti bahwa latihan hanya bersifat seremonial semata, melainkan untuk meningkatkan dan memelihara kemampuan perorangan jabatan prajurit guna mencapai kemampuan standar Prajurit Kodim 1501/Ternate sesuai dengan tingkat kecakapan, tegas Dandim 1501/Ternate Letkol Inf R Moch Iskandarmanto saat membuka latihan perorangan jabatan di Makodim 1501/Ternate.

Dikatakannya, Pembinaan Teritorial sebagai salah satu fungsi utama TNI AD yang sejajar dengan fungsi pertempuran dalam rangka menempatkan Binter sebagai salah satu fungsi utama. "Maka dibutuhkan adanya kompetensi dari segenap personel yang bertugas di jajaran Satkowil khususnya para Babinsa sebagai ujung tombak pelaksanaan tugas pembinaan teritorial di lapangan," Tambah Iskandarmanto.

Ditempat yang sama Pasi Ops Kodim 1501/Ternate Mayor Inf Roby Imanuel mengatakan "Agar latihan ini dapat berjalan lancar serta menambah ilmu dalam tugas sebagai Aparat Teritorial, diharapkan latihan tersebut diikuti dengan sungguh-sungguh dengan mengerahkan segenap keterampilan dan kemampuan yang dimiliki, serta utamakan faktor keamanan personel dan materiil," pungkas Pasiops. (Faizal)

Berita Terkait