Kamis, 13 Mei 2021 | 14:16:16 WIB

TNI AL Dan PT Pelni Persero Sepakati PKS Untuk Tegakkan Penertiban Kapal

Rabu, 31 Maret 2021 | 07:57 WIB
TNI AL Dan PT Pelni Persero Sepakati PKS Untuk Tegakkan Penertiban Kapal

(FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dan PT Pelni Persero, menyepakati Perjanjian Kerja Sama (PKS) untuk menegakkan keamanan dan penertiban di kapal dan Pelabuhan. 

PKS tentang bantuan personel TNI AL untuk menegakkan keamanan dan penertiban ini ditandatangani oleh Asisten Personel Kepala Staf Angkatan Laut (Aspers Kasal) Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han)., dengan Direktur Utama (Dirut) PT Pelni (Persero) Insan Purwarisya L. Tobing, di Ruang Rapat KM Kelud, Kantor Pusat PT Pelni (Persero), Jakarta Pusat, Selasa (30/3/21)

Aspers Kasal dalam sambutannya menjelaskan, ruang lingkup penugasan personel TNI AL, yakni pada jabatan struktural, pengamanan dan penertiban di atas kapal selama pelayaran serta di pelabuhan pada keberangkatan/kedatangan untuk mencegah tindakan anarkis, ilegal dan kriminal, baik dari penumpang dan anak buah kapal atau pihak lain yang mengganggu pelaksanaan keamanan dan ketertiban.


“TNI AL akan terus menjalin hubungan dan mempererat sinergitas dengan instansi luar baik pemerintah maupun swasta dalam hal pembinaan organisasi, saya berharap dengan adanya PKS ini dapat memberikan manfaat untuk TNI AL dan PT Pelni serta pada pelaksanaannya dapat dipertanggung jawabkan secara hukum,” harap Laksda TNI Irwan Achmadi. 

Sementara itu, Dirut PT Pelni menyambut baik kerja sama yang dilaksanakan ini. Sejalan dengan TNI AL, Dirut PT Pelni juga menyampaikan terima kasihnya kepada TNI AL atas bantuan yang diberikan selama ini yang selalu membantu pengamanan dan penertiban di atas kapal untuk mencegah tindakan anarkis yang mengganggu pelaksanaan keamanan dan ketertiban selama pelayaran.

Kegiatan ini sejalan dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., pada pembangunan sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan operasi prajurit TNI AL yang bersinergi dengan institusi pemerintah dan swasta serta mempunyai interoperabilitas tinggi dalam melaksanakan tugas menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Turut mendampingi Aspers Kasal Kepala Staf Komando Lintas Laut Militer (KS Kolinlamil) Laksamana Pertama TNI Dwika Tjahja Setiawan, S.H., M.M., Kepala Dinas Perawatan Personel Angkatan Laut (Kadiswatpersal) Laksamana Pertama TNI Taufik Arief, S.T., M.M., Paban II Asro Srenal, Paban I Ren, Kasubdis Kermajian dan Pabandya Ren Progar. (ARMAN R) 

Berita Terkait