Rabu, 12 Mei 2021 | 07:01:43 WIB

Asops Panglima TNI : Atasi Kendala dan Manfaatkan Peluang Untuk Antisipasi Kemungkinan yang Terjadi

Jum'at, 9 April 2021 | 16:21 WIB
Asops Panglima TNI : Atasi Kendala dan Manfaatkan Peluang Untuk Antisipasi Kemungkinan yang Terjadi

Latihan yang menjadi nafas bagi prajurit adalah hal sangat vital dan pokok. Dalam latihan tentunya akan menghadapi berbagai situasi dan kendala tentunya memerlukan penanganan secara cepat dan tepat. Manfaatkan semua peluang yang ada untuk mengantisipasi kemungkinan perubahan situasi yang berkembang.

 

Demikian amanat Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI Mayjen TNI Tiopan Aritonang yang dibacakan oleh Perwira Pembantu (Paban) Utama III/Latihan Gabungan, dan Kesiapsiagaan  Kolonel Inf Yudha Fitri pada acara Penutupan Rapat Koordinasi dan Penyusunan Rencana Kerja Latihan TNI Tahun 2022 di Hotel Santika Taman Mini, Jakarta Timur, Jumat (9/4/2021).

 

Asops Panglima TNI mengatakan bahwa dengan ditutupnya Rapat Koordinasi dan Penyusunan Latihan 2022 ini diharapkan para peserta dapat menyelenggarakan setiap latihan agar selalu berpedoman kepada peraturan dan Perundang-Undangan yang berlaku serta peranti lunak TNI lainnya.

 

“Permasalahan latihan yang ditemukan pada tahun 2020 dan 2021 perlu segera disikapi dan dicari jalan keluarnya dengan baik serta dijadikan sebagai pendorong untuk berinovasi dan berimprovisasi dalam upaya pencapaian tugas pokok TNI ke depannya,” katanya.

 

Asops Panglima TNI Mayjen TNI Tiopan Aritonang menyampaikan agar selalu berpedoman pada setiap penyelenggaraan latihan harus benar-benar direncanakan, disiapkan, dilaksanakan, diawasi, dikendalikan dan adakan evaluasi secara baik dan benar. “Penentuan metode latihan harus sesuai dengan tujuan dan sasaran latihan yang ingin dicapai dengan tetap mengutamakan keselamatan personel dan materiil,” ujarnya.

 

“Masing-masing Mabes Angkatan selalu berkoordinasi dengan Staf Operasi Mabes TNI dalam penyusunan program latihan. Pada tahap akhir usahakan selalu mengadakan evaluasi dan laporkan hasilnya agar dapat diketahui kekurangannya sebagai bahan penyempurnaan latihan dimasa yang akan datang,” harap Asops Panglima TNI. 

 

Pada hari kedua Rapat Koordinasi dan Penyusunan Rencana Kerja Latihan TNI Tahun 2022, membahas inti sari dari rapat hari pertama kemarin Kamis (8/4/2021) tentang Rencana Kerja (Renja) 2022 yang bersifat normatif. Ada beberapa Renja latihan ke depan yang dilakukan akan diselenggarakan diantaranya Latihan Gabungan TNI (Latgab) tahun 2022, Latihan Puncak Angkatan dan latihan lainnya. (Ahm)

Berita Terkait