Kamis, 13 Mei 2021 | 14:01:01 WIB

BLK Komunitas Rohmatul Huda Cetak Lulusan Desain Grafis Yang Terampil

Sabtu, 17 April 2021 | 16:29 WIB
BLK Komunitas Rohmatul Huda Cetak Lulusan Desain Grafis Yang Terampil

Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Marhatul Huda. (FOTO : SUARAKARYA.ID/LINDO)

BANDUNG, LINDO - Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Rohmatul Huda seluas 147 M2, yang beralamat di Jalan Dago Giri No 90, Kp. Bunisari RT 1/6, Desa Mekarwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat (Jabar), telah menghasilkan 64 lulusan program desain grafis dari empat angkatan, sejak BLKK tersebut berjalan sejak 2019 lalu.

"Para peserta merupakan warga di sekitar BLKK Marhatul Huda. Ada beberapa dari Bandung dan seorang dari Sleman, Yogyakarta," kata Kepala BLKK Rohmatul Huda Aep Saepudin, di Lembang, Bandung, Jawa Barat, Kamis (15/4/21). 

Untuk menyalurkan para peserta yang telah selesai mengikuti pelatihan tersebut, BLKK Rohmatul Huda yang merupakan binaan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bandung ini, telah menjalin kerja sama dengan sejumlah perusahaan printing. Yakni CV Guna Jaya di Lembang, serta CV Poobhe dan perusahaan Bandung Cetak (BanCet) di Bandung.  Namun ada pula lulusan BLKK Rohmatul Huda yang membuka usaha sendiri.

Aep menjelaskan, sebanyak 70 persen lulusan pelatihan BLKK ini, bekerja di sejumlah perusahaan printing, 10 persen melanjutkan kuliah, serta sisanya masih belum bekerja. Sebagai bentuk tanggungjawab moril, pihak BLKK tetap terus berkomunikasi dengan para lulusan. 

Pihak BLKK kata Aep, akan mengkomunikasikan pada para lulusan pelatihan bila ada peluang pekerjaan. Belum lama ini da perusahaan kue yang membutuhkan tenaga desain grafis, untuk mendesain penjualan online yang mereka lakukan. 

"Hal itu kami kabarkan ke para lulusan kami. Bahkan, instruktur dari BLKK pun, ada yang diminta untuk mengajar secara privat, terkait desain grafis di perusahaan itu. Untuk memberi ketrampilan desain pada bagian marketing," ujarnya.

Aep menceritakan, awalnya di tahun 2019, pelatihan di BLKK ini dibuka untuk jurusan Komputer Asisten. "Itukan untuk tenaga di kantoran," ujarnya. Ternyata, peluang kerjanya lebih sulit. 

Sedangkan desain grafis menurutnya, selain peluang kerjanya banyak, juga bisa membuka usaha sendiri. Kalau komputer asisten cenderung harus bekerja di kantoran, kompetitornya banyak. 

"Karena itu, lulusan dari BLKK Rohmatul Huda dibekali spanduk bertuliskan, bisa menerima pesanan desain dan cetak, untuk dipasang di rumah. Untuk cetaknya, biasanya dikerjakan di perusahaan percetakan yang menjadi mitra kerja BLK, seperti BanCet atau Guna Jaya," kata Aep. (ARMAN R)

Berita Terkait