Sabtu, 31 Juli 2021 | 07:04:55 WIB

Pilkada Halut, Beringin Patahkan Banteng, MK Menolak Permohonan Pemohon

Kamis, 3 Juni 2021 | 17:14 WIB
Pilkada Halut, Beringin Patahkan Banteng, MK Menolak Permohonan Pemohon

Foto dok,Sidangan Keputusan Pilkada Halut di MK

Lindo Halut - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Halmahera Utara (Halut) yang berkepanjangan dalam proses hukum melalui gugatan Mahkamah Konstitusi (MK), yang akhirnya gugatan MK yang kedua kalinya baru diputuskan oleh sembilan Hakim MK dengan menolak seluruh Permohonan pasangan Joel Said.

Proses yang berjalan di persidangan Mahkamah Konstitusi (MK) yakni dalam Pokok Permohonan Paslon Joel Said menyatakan bahwa ada terjadinya pelanggaran dalam Verifikasi dan Validasi data pemilih ditempat pungutan suara susulan (PSS) PT NHM Kecamatan Malifut, terjadi pelanggaran di TPS 07 Desa Rawajaya Kecamatan Tobelo dan terjadi lagi pelanggaran di TPS 01 dan 02 Desa Supu Kecamatan Loloda Utara, merupakan pelanggaran yang bersifat Terstruktur, Sistimatis dan Masif (TSM) yang dilakukan oleh pihak terkait.

Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) menyatakan bahwa Pokok Permohonan yang diajukan Pemohon a quo " Tidak Beralasan Menurut Hukum ," yang dibaca Hakim MK dalam sidang putusan, Kamis 03 Juni 2021.

Empat (4) poin putusan yang dibacakan MK saat dalam persidangan yakni yang Pertama " Menolak Permohonan Pemohon seluruhnya ".

Kedua, " Menyatakan Sah Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halut Nomor : 26/PL.06.2-Kpt/8203/KPU-Kab/IV/2021, tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pasca Putusan MK Nomor 57/PHP.BUP-XIX/2021 dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Halmahera UtaraTahun 2020,tertanggal 30 April 2021.

Ketiga, Menyatakan Batal Keputusan KPU Halut Nomor 27/PL.02.7-Kpt/8203/KPU-Kab/V/2021 terntang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Halmahera UtaraTahun 2021, tertanggal 2 Mei 2021.

Keempat, Memerintah KPU Kabupaten Halmahera Utara,Menerbitkan Keputusan baru tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Utara Tahun 2020.

Kemudian atas Penolakan Permohonan para pemohon secara keseluruhan yang didalilkan Paslon Joel Said dalam Persidangan MK dengan perkara Nomor 143/PHP.BUP-XIX/2021.

Sehingga pertarungan Pilkada Kabupaten Halmahera Utara ini dengan Sah dimenangkan oleh Pasangan Calon (Paslon) Frans Manery - Muchlis Tapi-Tapi (FM Mantap).   ( Jef )

 

Berita Terkait