Sabtu, 31 Juli 2021 | 06:54:34 WIB

Tiga Negara Asia Tenggara Laksanakan Worksops Bidang Logistik Secara Marathon

Rabu, 23 Juni 2021 | 11:21 WIB
Tiga Negara Asia Tenggara Laksanakan Worksops Bidang Logistik Secara Marathon

(FOTO : YHT/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Tiga Negara di Asia Tenggara, Thailand, Singapura dan Indonesia, pada Senin (21/6/21) melaksanakam workshops   dengan tema “Capacity Building Digital Urban Logistics,Programe In Southeast Asia”  secara daring.  

Webinar berlansung dari jam 09.30 hingga 17.45 dengan berbagai pembahasan yang lagi trannding tentang transformasi logistic dimasa damai  menuju ke transformasi logistic dimasa bahaya pandemi covid-19 menjadi  bertranformasi menjadi Sistim Digital Logistik .  

Dalam webinar tersebut disampaikan berbagai pembahasan antara lain  Control Towers, Blockhains, Digital Dashboard dan Digital Twins. Nara sumber yang hadir antara lain  Mr. Kelly Thompson (Area Sales Directore e2Open,  Mr. Clarence Wong (Industry Innovator-Senior Advisor Oracle), Mr. Chia Hock Lai (Advisor to FTAG Co-Chairman of Blockchain association Singapore), Mr. Kelvin Goh (Director, AP-BD SAS Global IoT Division SAS, Mr. Stepan Egrow (Product Manager Anylogistic),  Mr. Giuseppe Timperio (Manager  The Logistic Institute-Asia Pasific, National University Of Singapore),  Mr. Ryan Yap ( Head of Growth, Executive Chairman's Office, YCH Group) dan Dr. Robert De Souza.

Dari pembahasan tersebut, didapatkan kesimpulan bahwa adanya transformasi tersebut memberikan kemudahan dalam hal payment, procces and transformation, shipment, efisiensi, and stabilitas, karena di sistem digital semua proses yang berkaitan dengan logistik salah satunya seperti sistem pergudangan menjadi lebih canggih dengan adanya robot-robot untuk mempermudah proses material handling dan beberapa software pendukung seperti SAS dan Anylogstix untuk mempermudah proses analisis data agar menjadi lebih akurat.

Kepala Sekolah SMK KAL-1 Letkol Laut (KH) Drs. Ambar Kristiyanto, M.Si menyampaikan, keterkaitan SMK KAl -1 Surabaya mengikuti Webinar kelogistikan kali ini, dikarenakan pada tahun ajaran baru 2021/2022 sekolah yang bernaung di Yayasan Hang Tuah (YHT) Cabang Surabaya, akan membuka jurusan baru Teknik Logistik. Dengan mengkuti webinar ini diharapkan beberapa guru yang nantinya akan mengawaki jurusan ini akan menjadi lebih  jelas arah kemana teknik logisti di SMK KAL-1  akan dibawa.

SMK KAL-1 Surabaya menjadi satu-satunya sekolah dari kota buaya Surabaya yang mengikuti webinar kelogistikan.  Peserta workshops secara daring terdiri dari berbagai kota di Indonesia antara lain sekolah - sekolah SMK baik negeri maupun swasta mulai dari  SMKN 4 Batam, SMK -1  Tanjung Pinang, SMKN 1 Garut, SMKN  1 , Tasikmalaya, SMKN 1 Sleman, SMKN Depok, SMKN Kuningan,  SMKN 4 Malang, SMKN 11 Bandung, SMK S  YPK Biak Papua, SMKN 11 Bekasi, dan masih banyak lagi SMK-SMK lainnya.

Worksops yang diprakarsai oleh Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian  Republik Indonesia  Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri juga mengundang para Asisten Deputi di lingkungan Kementrian  Koordinator Bidang Ekonomi, Assisten Kementrian Koordinator Kemaritiman dan Investasiz Direktur Kementrian PPN/Bapenas serta beberapa Sekjen kemenrian Keuangan, Perhubungan, Perdagangan, Perindustrian, Kementrian Kelautan dan  PerikananAsosiasi Logistik. (ARMAN R)

Berita Terkait