Selasa, 26 Oktober 2021 | 14:49:20 WIB

Koarmada III Gelar Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua Diserbu Warga Kota Sorong

Rabu, 4 Agustus 2021 | 13:30 WIB
Koarmada III Gelar Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua Diserbu Warga Kota Sorong

(FOTO : DISPENKOARMADAIII/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), dalam hal ini Komando Armada (Koarmada) III menggelar vaksinasi Covid-19 dosis kedua terhadap masyarakat maritim, di Gedung Serba Guna Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) Jalan Bubara, Nomor 1, Kelurahan Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat, Rabu (4/7/21).

Meskipun vaksinasi dimulai pukul 08.00 WIT, warga sudah mulai antri sejak pagi. Vaksinasi digelar di gedung serba guna, sementara warga yang menunggu proses antri disiapkan tenda lapangan oleh Lantamal XIV, sehingga warga merasa nyaman menunggu proses antrian. 

Sejak pagi sudah terdaftar 300 orang, hanya dalam waktu beberapa jam, warga semakin banyak dan mencapai pendaftaran 530, sehingga pihak panitia memasang lagi tenda tambahan untuk ketertiban dan kelancaran vaksinasi. Gelar vaksinasi dosis kedua hingga selesai berjalan lancar tervaksin lebih 1000 orang.   

Warga menunggu proses vaksinasi dengan menerapkan protokol kesehatan karena pihak penyelenggara, dalam hal ini Koarmada III dan Lantamal XIV menyiapkan kursi tempat duduk warga. Selain itu, sambil menunggu proses vaksinasi, Dinas Kesehatan Koarmada III memberikan sosialisasi tentang pentingnya Vaksin Covid-19 dan Protokol Kesehatan, cara memakai masker dan mencuci tangan yang benar.

Sebelumnya, Koarmada III telah menggelar serbuan vaksinasi Covid-19 tahap pertama, terhadap masyarakat maritim di Tempat Pelelangan Ikan Jembatan Puri, Kota Sorong, pada tanggal 7 Juli 2021, selama dua hari. Masyarakat Kota Sorong yang melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap pertama yang diselenggarakan Koarmada III di beberapa lokasi di Kota Sorong, utamanya TPI Jembatan Puri melaksanakan vaksinasi tahap kedua di Lantamal XIV. 

Panglima Koarmada III (Pangkoarmada III) Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla., yang diwakil Kepala Staf Koarmada III Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., M.H., mengatakan, Serbuan Vaksinasi masyarakat maritim ini merupakan perintah Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., dan arahan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E, M.M., dalam rangka mendukung program nasional dua juta orang tervaksin dalam sehari. 

“Koarmada III akan terus melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 masyarakat maritim baik di pesisir maupun di pulau-pulau kecil yang sangat sulit dijangkau transportasi apapun," ujar Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho.

Menurutnya, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat maritim melaksanakan vaksinasi Covid-19, Pangkoarmada III mengajak partisipasi aktif tokoh masyarakat dan tokoh agama memotivasi warga yang belum divaksin Covid-19, agar melaksanakan vaksin tersebut di lokasi vaksinasi yang diselenggarakan Koarmada III dan jajaran, sehingga dapat tercapai herd immunity bagi masyarakat.

“Kedepan, Koarmada III akan terus bersinergi dengan segenap aparat pemerintah, tokoh agama, dan tokoh masyarakat untuk terus memberikan pelayanan serbuan vaksinasi, khususnya bagi masyarakat maritim di wilayah kerja Koarmada III (Maluku dan Maluku Utara serta Papua dan Papua Barat),” ujar Kepala Staf Koarmada III.

Koarmada III dan jajaran tambahnya, telah melaksanakan vaksinasi di beberapa tempat dengan hasil mencapai tervaksin sekitar 40.000 orang. Hasil evaluasi pelaksanaan serbuan vaksinasi di wilayah Papua dan Papua Barat masih perlu ditingkatkan untuk lebih menarik minat masyarakat dalam pelaksanaan program nasional vaksinasi ini. 

Pada hari yang sama, Koarmada III dan jajaran melancarkan serbuan vaksinasi masyarakat maritim secara masif, baik di perkotaan maupun di pulau-pulau kecil yang sulit dijangkau, yakni Guspurla dan Guskamla Koarmada III melaksanakan vasinasi di pulau-pulau kecil terpencin dan terluar menggunakan Kapal Perang RI.

Sementara itu Lantamal dan Lanal jajaran Koarmada III, yakni Lantamal IX Ambon bersinergi Universitas Pattimura menggelar vaksinasi di Kampus Universitas Pattimura  tervaksin 290, Lantamal X Jayapura menggelar vaksinasi di TPI Hamidi tervaksin 91 orang, Lantamal XI Merauke menggelar vaksinasi di Pelabuhan Umum Merauke tervaksin 360 orang, Lanal Tual menggelar vaksinasi di Desa Ohoi tervaksin 46 orang, Lanal Aru di Puskesmas Patidjalalbil Desa Wangel tervaksin 41 orang, Lanal Morotai menggelar vaksinasi di Puskesmas Daruba tervaksin 24 orang, dan Lanal Biak menyelenggarakan vaksinasi di RSAL Biak tervaksin 221 orang. (ARMAN R)

Berita Terkait