Rabu, 29 September 2021 | 02:27:52 WIB

Kasal Laksamana Yudo Margono : Anggota Sejahtera, SDM Makin Unggul

Rabu, 4 Agustus 2021 | 17:46 WIB
Kasal Laksamana Yudo Margono : Anggota Sejahtera, SDM Makin Unggul

(FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) tidak pernah berhenti memperhatikan kesejahteraan para prajurit, prajurit dan keluarga yang sejahtera, guna meningkatkan motivasi kinerja sehingga nantinya akan menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL yang semakin unggul.

Hal itu dikatakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., saat  mencanangkan Bulan Kesejahteraan Prajurit, di Gedung Auditorium, Mabesal, Cilangkap, Rabu (4/8/21), yang dihadiri seluruh Pejabat Utama Mabesal dan diikuti secara virtual oleh seluruh Pimpinan Kotama/Satker Jajaran TNI AL di seluruh Indonesia.

Ribuan prajurit TNI AL mendapat apresiasi dari Pemimpin TNI AL atas dedikasinya dalam melaksanakan tugas selama ini.  Wujud apresiasi Kasal dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dalam bentuk tunjangan, diantaranya kepada Badan Pembinaan Potensi Maritim (Babinpotmar) 727 personel, tunjangan Brevet (Kemampuan Khusus) kepada 5.637 personel, serta tali asih untuk 1.274 personel prajurit/PNS TNI Angkatan Laut yang akan memasuki masa purna tugas periode Januari hingga Juni 2021. 

Beberapa program kesejahteraan lainnya juga telah disiapkan oleh TNI AL berupa Program Perumahan Melalui Dinas (PPMD) dalam bentuk pinjaman lunak yang besarannya telah ditetapkan per strata kepangkatan.  

Untuk Tamtama sebesar Rp 275 juta, Bintara Rp 300 juta, Perwira Pertama Rp 350 juta dan Perwira Menengah (Pamen) sebesar Rp. 400 juta. Dana yang dialokasikan dari Tabungan Disiplin (Tablin) Prajurit tersebut dapat digunakan untuk membangun, merenovasi, atau untuk membeli rumah, sehingga diharapkan dapat mempersiapkan dan menjamin prajurit TNI AL sebelum purna tugas sudah memiliki rumah yang layak huni. 

Bahkan  dalam waktu dekat akan diberikan pula Tunjangan Brevet Kohut (Komando Hutan) untuk Pasukan Marinir dan untuk personel Pengawak KRI berupa Tunjangan Brevet Kapal Permukaan dan Tunjangan Brevet PWO.

Kasal menjelaskan, kegiatan ini merupakan bentuk pembinaan personel TNI AL untuk meningkatkan motivasi, juga sebagai bentuk apresiasi Pimpinan TNI AL atas dedikasi seluruh prajurit TNI AL. Pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL ini merupakan Program Prioritas Utama Kasal yang sejalan dengan visi nasional untuk memajukan bangsa Indonesia melalui peningkatan keunggulan SDM-nya.

“Sumber Daya Manusia unggul dan profesional TNI Angkatan Laut berkontribusi dalam memajukan bangsa, sehingga walaupun di tengah pandemi Covid-19 tidak menyurutkan TNI AL dalam membangun SDM dan tetap menyiapkan mental dan fisik dalam  upaya meningkatkan profesionalisme tanpa henti agar selalu siap dan mampu menjadi pengawak satuan yang handal, cakap serta profesional,” ujar Laksamana TNI Yudo Margono.

Dalam pencanangan bulan kesejahteraan ini, Kasal secara langsung menyerahkan tali asih kepada 14 personel Mabesal yang purna tugas, yaitu: Letkol (Purn) Zaekan, Mayor (Purn) Budi Imam Santoso diwakili Istri, Pembina IV/a Susworo, Pembina Tk. I IV/b Martin Agung Waluya, Letda (Har) Ati Suryati, Penda III/a Tiing, Penata Tk.I III/d Nurasongko, Penata III/c Slamet Riyadi diwakili Istri, Penata Tk.I III/d Isayem Widimulyani, Pelda Sugiyono, Pelda Mei Suryanto, Serma Untung Yunarto, Serka Warnita dan Pelda Gonto Priyanto. 

Selain itu, Kasal juga memberikan penghargaan kepada 5 perwakilan anggota TNI AL yang berprestasi dibidangnya dari 47 personel, yakni Letkol Laut (P) Jaenal Mutakim komandan KRI Rigel-933, Kapten Laut (S/W) Arifda Yenli, Sertu Jas Purwanto, Sertu Jas M. Malizi dan Serda Jas I Putu Randu Pradana. (ARMAN R)

Berita Terkait