Selasa, 21 September 2021 | 20:20:05 WIB

Lanud Atang Sendjaja Kembali Gelar Latihan Uji Dinamis Giant Flag

Kamis, 5 Agustus 2021 | 15:04 WIB
Lanud Atang Sendjaja Kembali Gelar Latihan Uji Dinamis Giant Flag

(FOTO : PENLANUDATS/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Pangkalan Udara (Lanud) Atang Sendjaja (Ats) kembali menggelar latihan formasi giant flag underslug. Kali ini latihan dilaksanakan oleh personel Skadron Udara 6, Skadron Udara 8 dan Skadron Udara 45 Halim PK. Latihan berlangsung pada pukul 11.00 - 12.00 WIB, Kamis (5/8/21). 

Pada latihan kali ini ada 6 pesawat yang digunakan yaitu pesawat NAS 332 Super Puma type C1e  dan L 1 dari Skadron Udara 6, EC 725 Caracal dan SA 330 Puma dari Skadron Udara 8, NAS 332 E1 Super Puma versi VVIP dari Skadron Udara 45. Bendera yang digunakan untuk latihan kali ini menggunakan bendera Tri Matra  ukuran 30 m x 20 m.

Untuk menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), selalu dilaksanakan acara peringatan kemerdekaan dengan berbagai kegiatan. Demikian juga dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), setiap tanggal 17 Agustus selalu melaksanakan upacara peringatan kemerdekaan yang dimeriahkan dengan berbagai kegiatan tambahan.

Disela-disela latihan, Komandan Lanud (Danlanud) Atang Sendjaja Marsekal Pertama TNI Fachrizet, S.Sos mengatakan, tahun ini puncak peringatan kemerdekaan RI direncanakan akan di meriahkan dengan demo udara dengan mengibarkan Bendera Merah Putih dalam skala besar/raksasa.

Dengan dalih berat dan besarnya ukuran, maka Bendera Merah Putih Raksasa ini akan dikibarkan dengan menggunakan pesawat Helikopter. Untuk mengibarkan bendera dalam skala besar itu di perlukan Underslung Giant Flag, yaitu hasil karya inovasi Koharmatau untuk mengikat dan menarik bendera yang akan dikibarkan dari ketinggian tertentu, sehingga Bendera Merah Putih dapat berkibar dengan baik. (ARMAN R)

Berita Terkait