Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:42:23 WIB

Lantamal X Jayapura Gandeng Komunitas Pecinta Alam Animal Lovers Tanam 1000 Mangrove

Selasa, 21 September 2021 | 20:31 WIB
Lantamal X Jayapura Gandeng Komunitas Pecinta Alam Animal Lovers Tanam 1000 Mangrove

(FOTO : DISPENLANTAMALX/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Masih dalam Hari Ulang Tahun (Hut) Ke-76 Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) yang jatuh pada 10 Septemper 2021 lalu dan menyongsong pelaksanaan Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX Papua 2021, Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) X Jayapura, berkolaborasi dengan Komunitas Pecinta Alam Animal Lovers, menggelar kegiatan pelestarian lingkungan yang bertajuk Penanaman 1.000 Pohon Mangrove dan Grebek Sampah, di Teluk Youtefa Jayapura, Papua, Selasa (21/9/21).

Dipusatkan di Kampung Enggros, Distrik Jayapura Selatan, tepatnya di bawah sepanjang Jembatan Youtefa Kota Jayapura, ratusan personel Lantamal X membaur dengan para masyarakat dan komunitas pecinta lingkungan Animal Lovers membersihkan sampah yang mayoritas limbah plastik bekas.

Tak canggung Komandan Lantamal (Danlantamal) X Brigjen TNI (Mar) Feryanto P. Marpaung bersama Wakil Walikota Jayapura Ir. H. Rustan Saru, M.M., dan Ketua Komunitas Animal Lovers Jayapura Abdul Gamel Naser serta prajurit dan masyarakat yang hadir, turun ke rawa yang berlumpur menanam pohon Mangrove.

"Sebagai upaya untuk mengatasi sebagian ekosistem mangrove yang telah mengalami kerusakan disebabkan oleh adanya konversi lahan mangrove menjadi penggunaan lain yang menyebabkan adanya perubahan lingkungan," terang Brigjen TNI (Mar) Feryanto P. Marpaung saat memberikan sambutannya.

Kegiatan ini lanjutnya, diharapkan terus berkelanjutan dengan membuat penetapan kebijakan dan kerangka regulasi dalam pengelolaan ekosistem mangrove disesuaikan dengan kondisi kearifan lokal daerah untuk mendorong promosi manfaat yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Pemanfaatan hasil hutan bakau, kayu maupun jasa lingkungan harus dibarengi dengan peningkatkan kesadaran masyarakat dalam pengelolaannya, sehingga masyarakat merasa memiliki dan dapat mengambil manfaat ekonomi dan sosial sesuai yang diharapkan," kata Danlantamal X.

Sementara itu Wakil Walikota Jayapura menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Lantamal X dan Animal Lovers Jayapura dengan menanam pohon mangrove di sepanjang pesisir Teluk Youtefa.

"Hari ini kami bersyukur bahwa komandan Lantamal X, bersama dengan jajarannya dan komunitas Animal Lovers Jayapura bisa ambil suatu langkah yang sangat positif untuk menanam 1.000 pohon mangrove, jadi kalau lihat di sini kita orang 100 bisa 1 orang menyelesaikan 10 pohon tuntas," ucap Wakil Walikota Jayapura.

Sedangkan Ketua Animal Lovers Abdul Gamel Naser, menyambut baik kerjasama antara Lantamal X dengan komunitas yang ia pimpin. Menurutnya ini merupakan langkah yang nyata dalam pelestarian lingkungan khususnya pelestarian hutan bakau.

"Insya Allah hari ini akan di tanam 1000 ribu pohon untuk kita pelihara kita jaga kita perhatikan oleh komunitas yang akan merawat dan saya kira ini sangat menunjang sistem di tempat ini," ujar Gamel.

Yang penting Menurutnya, adalah dengan menanam di sekitar juga membantu menjaga erosi menjaga banjir menjaga kondisi pantai dan laut kita agar ombak yang kencang. (ARMAN R)

Berita Terkait