Rabu, 20 Oktober 2021 | 04:27:04 WIB

Peduli Lingkungan, Marinir Bersama GMPS Dan Santri Suryalaya Bersihkan Sungai Citanduy

Selasa, 28 September 2021 | 17:30 WIB
Peduli Lingkungan, Marinir Bersama GMPS Dan Santri Suryalaya Bersihkan Sungai Citanduy

(FOTO : DISPENKORMAR/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Komandan Pangkalan Marinir (Danlanmar) Jakarta Kolonel Marinir Arief R.H. Anggorojati, S.E., M.M, CTMP., bersama prajurit Marinir, Generasi Muda Pontren Suryalaya (GMPS), Santri Pencinta Alam Pondok Suryalaya dan perwakilan elemen masyarakat, melaksanakan Gerakan Bersih Sungai Citanduy (Geber Suci) di Pondok Pesantren Suryalaya, Tanjungkerta, Pagerageung, Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (28/9/21).

Danlanmar mengatakan, melalui Bakti Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), segenap prajurit Marinir bersinergi dengan pemerintah Tasikmalaya dan Santri Pondok Pesantren Suryalaya, melakukan edukasi kepada masyarakat sekitaran sungai Citanduy tentang bagaimana membuat lingkungan yang sehat, yaitu dengan terus mendorong perubahan cara pandang warga akan fungsi dan peran sungai dalam kehidupan dan masa depannya. 

"Aliran sungai yang bersih dan tertata tidak hanya memperkecil potensi terjadinya banjir saat hujan. Namun sungai mampu memberikan dampak sosial dan menggerakkan ekonomi masyarakat. Untuk mewujudkan parit dan sungai yang bersih bukanlah pekerjaan yang mudah, sebab dibutuhkan kesadaran masyarakat khususnya yang tinggal di bantaran sungai dalam upaya menjaga lingkungan agar ekosistem sungai tetap bersih dan sehat," terang Kolonel Marinir Arief R.H. Anggorojati.

Adapun kegiatan yang dilakukan meliputi pembersihan sampah baik sampah organik, material maupun sampah keluarga, penataan sungai, edukasi lingkungan sehat, pemberdayaan dan pengelolahan sampah, serta pemberdayaan ekonomi masyarakat di bantaran sungai Citanduy.

Adapun pihak yang terlibat dalam kegiatan Baksos meliputi 50 personil Korps Marinir, 10 Personil Kodim 0612, 10 personil Polsek Pagerageung, 10 personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tasikmalaya dengan menggunakan 2 Perahu Karet, 10 anggota GMPS, 20 personil Himpunan Mahasiswa Pencinta Alam Latifah Mubarok (Himalaya), 10 Siswa STIE Latifah Mubarok,10 Siswa Pramuka Alamiah, 10 Siswa Fakultas Dema fakda, 10 Siswa Denma Fakultas Syariah, 15 Siswa MTs Serbabakti, 15 Siswa Pramuka MA Serbabakti,15 Siswa SMA Serbabakti dan 15 Siswa SMP I Serbabakti. (ARMAN R)

Berita Terkait