Kamis, 02 Juli 2020 | 17:26:52 WIB

Jusuf Kalla Bertemu Mike Pence Bahas Peningkatan Hubungan

Rabu, 26 September 2018 | 06:39 WIB
  • Wakil Presiden M Jusuf Kalla bertemu dengan Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence di Lotte New York Palace, New York, Amerika Serikat, Selasa (25/9/2018) waktu setempat. (FOTO: SETWAPRES/ANT/LINDO)

NEW YORK, LINDO - Wakil Presiden M Jusuf Kalla bertemu dengan Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence di New York, Amerika Serikat, Selasa (25/9) waktu setempat.

Pertemuan yang berlangsung di Lotte New York Palace tersebut membicarakan tentang peningkatan hubungan kedua negara, kata Wakil Presiden di lobi hotel tempat ia menginap, seusai melaksanakan pertemuan dengan Pence.

"Itu kita bicarakan hubungan baik, karena tahun depan 70 tahun hubungan diplomatik dengan Amerika maka kita akan meningkatkan hubungan kita,” kata Wapres.

Di bidang perdagangan misalnya, Indonesia memiliki kesempatan untuk meningkatkan perdagangan di tengah perang dagang antara Amerika Serikat dan China.

Hal ini karena Indonesia tidak memiliki masalah perdagangan dengan Amerika Serikat, katanya.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut, menurut Wapres juga dibahas mengenai perkembangan politik di kawasan, seperti Korea, Myanmar dan Afghanistan.

Wapres mengatakan, Indonesia sebagai negara muslim terbesar memiliki peran yang besar dan penting dalam masalah-masalah penyelesaian konflik.  

“Dan dia setuju itu bahwa Indonesia bersama-sama mempunyai peran itu,” kata Wapres. (ANT)