Kamis, 09 Juli 2020 | 17:56:38 WIB

Dana Proyek Gamalama Plaza Molor Lagi

Jum'at, 16 Agustus 2019 | 22:43 WIB
  • Proyek Gamalama Plaza yang berada di pusat ibukota Ternate itu, belum selesai dikerjakan, namun alat berat masih terpajang dilokasi itu. (FOTO: ALDY/LINDO)

TERNATE, LINDO - Proyek pembangunan Gamalama Plaza yang terletak di jantung Ibukota Ternate ini hingga kini belum selesai dikerjakan oleh pemerintah Kota Ternate, alasannya, karena dana proyek tersebut hingga kini belum juga cair.

Wakil Ketua DPRD Kota Ternate, Iqbal Rurai mengatakan dana proyek Gamalama Plaza hingga kini masih menunggu perubahan draf pengajuan anggran tahap kedua.

"Hasil rapat kami dengan pemerintah Kota Ternate nanti ada pengajuan draf perubahan soal proyek Gamalama Plaza," kata Iqbal di Ternate, Jumat (16/8/2019).

Lebih lanjut, Iqbal menuturkan, pemerintah kota Ternate sudah menyanggupi usulan perubahan anggaran namun sejauh ini draf tersebut masih dibahas antar komisi di DPRD Ternate. Dia meyakinkan bahwa dana tersebut akan selesai pada akhir Agustus dan pencairannya pada awal September 2019.

"Draf perubahan masih digodok di teman-teman komisi, insya Allah di akhir Agustus sudah selesai, dan pencairannya mungkin di awal September bulan depan," tandas Iqbal.

Sementara itu, warga kelurahan Gamalam, yang lahannya terkena proyek Gamalama Plaza, mengaku lahannya hingga kini belum juga selesai di bayar oleh pemerintah Kota Ternate. Menurut mereka tertundanya pembayaran lahan mereka disebebkan karena pemerintah masih memberikan janji-janji.

"Kalau kami memang belum dibayar semuanya oleh pemkot Ternate, tidak tahu kalau warga yang lain. Tapi saya dapat info dari warga disini, ada sebagaian lahannya belum dibayar lunas, mungkin doi (dana) belum ada di tangan pemerintah kali," ujar Ibu Lena.

Sementara warga lain, ibu Maryam mengaku bahwa lahannya yang ada dibelakang proyek ini, hingga kini belum dibayar oleh pemerintah kota Ternate.

"Saya masih urus di Dinas Perkim, kata pemerintah akan dibayar lunas nanti pada awal september 2019, muda-mudahan pemerintah punya niat baik supaya bayar di akhir bulan ini," tutur Maryam.

ALDY M