Jumat, 28 Februari 2020 | 12:59:16 WIB

Wamenhan Buka Forum Komunikasi Litbang Kemhan Ke-30 Tahun 2019

Kamis, 5 Desember 2019 | 11:49 WIB
  • (FOTO : HUMASKEMHAN/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Sakti Wahyu Trenggono menjadi keynote speech dan sekaligus membuka acara Forum Komunikasi Litbang ke-30 Tahun 2019 dengan tema “Pemanfaatan Thorium Sebagai Alternatif Sumber Energi untuk Kepentingan Pertahanan Negara, di Hotel Aston Simatupang, Jakarta Selatan, Rabu (4/12).

Wamenhan mengatakan, kegiatan penelitian yang dimulai dengan diinisiasi oleh Balitbang Kementerian Pertahanan (Kemhan), merupakan langkah yang mengandung nilai strategis untuk pertahanan negara.

Hal tersebut dapat dihadapkan dengan perkembangan teknologi saat ini. Ketersediaan energi listrik berjalan secara linier.  “Sedangkan penyediaan energi untuk pemenuhan kesejahteraan masyarakat dan kebutuhan pertahanan terus semakin meningkat,” ungkap Sakti Wahyu Trenggono.

Menurutnya, ketersediaan energi listrik suatu negara adalah indikator yang menunjukkan semakin sejahtera dan kuat negara tersebut, begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, banyak negara maju yang melibatkan bauran energi fosil sebagai pendukung kebutuhan energi listriknya.

Upaya para ahli untuk mencari sumber bahan baku yang padat energi dan ramah lingkungan kata Sakti, perlu diapresiasi dan ditindaklanjuti melalui penelitian dan pengembangan. Lebih lanjut Wamenhan berharap, diskusi dan pembahasan yang dilaksanakan dalam forum ini, “Tidak hanya wacana, namun harus diimplementasikan ke depannya,” ujar Sakti.

Ia menembahkan, perlu pengembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (Iptek) terkait dengan energi berbasis thorium untuk kepentingan pertahanan yang telah diinisiasi oleh Balitbang Kemhan. Dibutuhkan upaya dan kerja keras untuk implementasi tersebut. Dengan semangat kebersamaan dari pemangku kepentingan dan pihak-pihak terkait.

Dari hasil pembahasan di forum ini, Wamenhan berharap, Balitbang Kemhan akan dapat mewujudkannya. Wamenhan juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah bekerja sama mensukseskan pelaksanaan Forum Komunikasi Penelitian dan Pengembangan (Forum Litbang) ke-30 sehingga kegiatan forum komunikasi hari ini dapat terlaksana dengan baik.

Hadir pada acara tersebut, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemhan Lakdsya TNI Agus Setiadji, S.A.P., M.A., Irjen Kemhan Laksdya TNI (Purn) Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A. para pejabat di lingkungan Kemhan, para narasumber serta para peserta Forkom Litbang. (ARMAN R)