Senin, 06 April 2020 | 11:09:46 WIB

Sambut Hari Juang TNI AD, Satgas 734 SNS Adakan Bakti Sosial di Halut

Selasa, 10 Desember 2019 | 20:46 WIB
  • (Foto: Penrem 152 Babullah/Lindo)

HALUT, LINDO - Dalam Rangka menyambut datangnya Hari Juang TNI AD pada tanggal 15 Desember nanti, Satgas 734 mengadakan kegiatan bakti sosial di Bumi Maluku utara.

Salah satu kegiatan tersebut adalah khitan dan pengobatan masal serta Donor darah. tim kesehatan satgas 734 / SNS Pos kotis yang terdiri atas danton kes, Letda Ckm Fendy Aprilian P., dokter batalyon letda ckm dr. Rizky zulkarnain ratoputra dan tamtama kesehatan Pratu Yanto Wamnebo, Pratu Joko Santoso dan pratu Ledi Prayoga serta pratu suardi.

Kegiatan Pengobatan massal dan khitanan massal kami adakan di pos kotis kota tobelo kabupaten halmahera utara sebanyak untuk khitanan massal berjumlah 100 anak dan pengobatan massal 100 orang.

Pada siang hari nya kami mengadakan donor darah di desa kupa kupa kecamatan tobelo selatan kabupaten halmahera utara sebanyak 50 kantong darah yang terdiri atas TNI Polri dan instansi dari dinas kesehatan, dinas perdagangan, dinas kehutanan serta berkerjasama dengam UTD PMI RSUD kota Tobelo.

Menurut Dantonkes 734, Letda Ckm Fendy Aprilian, kegiatan ini merupakan bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam rangka menyambut hari juang TNI AD yang terdiri atas khitanan dan pengobatan massal serta donor darah.

"Kami berkoordinasi dengan pihak dinas kesehatan Halmahera Utara, Puskesmas Tobelo dan UTD PMI RSUD kota Tobelo. Kegiatan sunatan massal dilaksanakan di pos kotis satgas 734 ini, melibatkan 3 orang operator sunat yang terdiri atas Danton kes Letda Ckm Fendy Aprilian, S.T.Rad., dokter batalyon, Tamtama kesehatan pratu suardi, Amd. Kep. serta di bantu oleh tim kesehatan dari puskesmas Tobelo," katanya. 

Secara bersamaan juga diadakan pengobatan massal di pos kotis satgas 734 oleh Letda Ckm dr. Rizky zulkarnain, bersama tamtama kesehatan, Pratu Yanto Wamnebo, Amd. kep, Praka Ledi Prayoga, Amd. Kep, dan Pratu j?Joko Santoso.

Selama kegiatan tersebut, provost satgas 734 Sertu Ahmad mengamankan kegiatan sunatan dan pengobatan massal serta donor darah.

Kegiatan tersebut sangatlah meriah, mereka berbondong bondong datang dari desa Rawa Jaya, Gamsungi, Gosomo, Mkcm untuk membantu memeriahkan jalannya kegiatan bakti sosial yang di adakan di pos kotis satgas 734.

Menurut Dansatgas Yonif 734 / SNS, Letkol Inf Edwin Charles kegiatan khitanan dan pengobatan massal serta donor darah dalam rangka menyambut Hari Juang TNI AD.

"Kami memerintahkan tim kesehatan pos kotis untuk mengadakan berbagai kegiatan bakti sosial tersebut di pos kotis satgas 734 desa Gosoma, kecamatan Tobelo, kabupaten Halmahera Utara. Adapun kegiatan donor darah kami lakukan di desa Kupa-kupa, kecamatan Tobelo Selatan, kabupaten Halut. Kegiatan khitanan ini pun sungguh meriah dan ramai di padati oleh anak-anak usia sekolah dasar," ujarnya.

Adapun pengobatan massal terdiri dari berbagai usia mereka memadati pos kotis 734 adapun jumlah peserta kami 200 yang terdiri atas 100 pengobatan massal dan 100 orang khitanan massal serta kantong darah yang berhasil dikumpulkan PMI sebanyak 50 kantong darah.

"Hal ini merupakan bentuk bakti sosial yang kami selenggarakan secara gratis tanpa di pungut biaya bagi peserta khitan maupun pengobatan massal serta donor darah di Tobelo, kabupaten Halut. Kami juga melayani dengan tulus dan ikhlas, tanpa rasa pamrih untuk di balas," bebernya.

Peserta dilayani oleh tim kesehatan kotis satgas 734 / SNS dengan menggunakan couter / Laser. Dengan metode khitan yang menggunakan couter atau laser ini dapat memberikan kenyamanan untuk anak-anak dan memiliki proses penyembuhan yang cepat di bandingkan dengan metode konvensional yaitu dengan menggunakan gunting.

Menurut Dokter satgas 734 / SNS, Letda Ckm dr. Rizky, proses circumsisi pada dasarnya hanya membuang kulup yang menutupi glans penis (kepala penis). Hal ini bermanfaat sekali bagi kesehatan reproduksi pria yaitu dengan mencegah adanya Infeksi Saluran Kemih dan mencegah transmisi HIV / AIDS dari wanita ke pria.

Sehingga anak usia dini dapat terjaga organ reproduksinya. pada khitan pada usia dini jauh lebih baik hasilnya dari pada mereka yang menginjak usia remaja atau dewasa baru khitan.

"Proses penyembuhannya jauh lebih cepat pada usia anak anak daripada usia dewasa serta pemotongan glans penisnya lebih cepat anak-anak dari pada mereka yang remaja bahkan dewasa. dilain sisi kami menyarankan bagi warga yang sehat untuk melaksanakan secara rutin donor darah 3 bulan sekali, karena dengan donor darah kita dapat mengetahui status kesehatan kita, karena dengan donor darah kita dapat mengetahui adanya penyakit HIV / Aids, Sifilis, Hepatitis b, hepatitis C. Jadi kami membantu warga secara ikhlas dan gratis bagi warga kota Tobelo," jelasnya.

Menurut ibu ratih, kami sebagai warga kota Tobelo, mengucapkan terima kasih kepada satgas 734 sudah mengadakan khitanan massal serta pengobatan massal secara gratis di tobelo tercinta ini. kami berharap kebaikan dari satgas 734 dapat di balas oleh Allah SWT.

Menurut wawan, kami merasa senang dengan adanya kegiatan donor darah di tobelo selatan ini membuat kami beserta masyarakat lainnya menjadi tenang karena kami mengetahui adanya penyakit tersebut atau tidak serta kami mendapatkan bingkisan yg menarik dari satgas 734 dengan mengikuti kegiatan donor darah tersebut.

FAISAL/PENREM BABULLAH