Senin, 24 Februari 2020 | 19:07:47 WIB

Program Rehabilitasi Mangrove TNI AL Dapat Apresiasi Pada Ocean Day Di Madrid

Kamis, 12 Desember 2019 | 07:35 WIB
  • (FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCC) sebagai badan di bawah Perserikatan Bangsa - Bangsa (PBB) setiap tahun selalu menyelenggarakan kegiatan Conference of Parties (COP). Kegiatan ini adalah sebuah kegiatan yang merupakan sarana pengambilan keputusan tertingi di dalam UNFCC. 

Tahun ini merupakan penyelenggaraan COP ke 25 dan berlangsung di Madrid, Spanyol pada 2 – 13 Desember 2019. Indonesia sebagai anggota dari UNFCC turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Sejalan dengan kegiatan COP25, pada 10 Desember 2019 Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menyelenggarakan kegiatan Ocean Day, di Pavilliun Indonesia dalam bentuk talkshow interaktif dengan mengusung tema “Accelerating of Mangrove Rehabiltation in Indonesia”. Pilihan Mangrove menjadi sebuah tema dalam kegiatan tersebut, dikarenakan Mangrove merupakan salah satu ekosistem penting bagi kehidupan pantai. 

Dalam kegiatan ini Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) turut berpartisipasi aktif sebagai salah satu pembicara. Partisipasi TNI AL dalam kegiatan tersebut diwakili oleh Paban V Straops Sopsal, Kolonel Laut (P) Arif Badrudin, M. Mgt., Stud, dengan judul topik "Indonesian Navy Role in Mangrove Rehabilitation". 

Pada kesempatan tersebut, disampaikan komitmen TNI AL dalam melaksanakan rehabilitasi Mangrove yang ditunjukkan dengan penanaman 300.074 Mangrove di seluruh Indonesia pada saat peringatan Hari Ulang Tahun (Hut) TNI AL ke-74. 

Paparan ini mendapat apresiasi yang tinggi dari seluruh peserta yang berasal dari pembuat kebijakan, industri, peneliti dan NGO yang berpartisipasi. (ARMAN R)